Jumat, 19 Juli 2024

UEFA Euro 2024: Spanyol Susul Jerman Amankan Tiket Babak 16 Besar

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Rodri gelandang timnas Spanyol, merayakan kemenangan La Roja atas Italia pada pertandingan kedua grup B Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Jumat dini hari WIB (21/6/2024). Foto: AFP/Antara

Tim nasional Spanyol menyusul Jerman untuk mengamankan tiket babak 16 besar Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 seusai menaklukkan Italia dengan skor 1-0 dalam pertandingan kedua grup B yang berlangsung di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Jumat (21/6/2024) dini hari WIB.

Dengan tambahan tiga poin dari Italia, membuat Spanyol kini menempati posisi puncak klasemen sementara dengan mengemas enam poin dari dua pertandingan dan dipastikan melangkah ke babak 16 besar.

Anatara melansir, memulai pertandingan, Spanyol langsung mengendalikan permainan. Di menit ke-2, pergerakan Nico Williams di sisi kiri mampu melepaskan umpan silang yang langsung disambut sundulan Pedri. Namun sundulan tersebut masih mampu dipatahkan oleh Gianluiggi Donnaruma yang sigap menghalau bola.

Spanyol terus mengurung pertahanan sang juara bertahan, Italia. La Roja Kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-10, melalui pergerakan Alvaro Morata yang melepaskan umpan lambung langsung disambut sundulan Williams yang masih melebar dari sisi kanan gawang Donnarumma.

Empat belas menit berselang, Morata melepaskan sepakan yang masih mampu dibendung Donnarumma. Satu menit berselang, giliran Fabian Ruiz yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang mengarah ke sudut atas gawang dan masih mampu dijangkau Gigio.

Italia kesulitan keluar dari cengkeraman La Furia Roja meski memainkan umpan-umpan jarak jauh yang diarahkan ke dua sisi penyerangan. Selain itu pergerakan umpan satu dua yang diterapkan oleh Spanyol membuat Italia mau tidak mau menumpuk pemain di lini pertahanan untuk menahan gempuran.

Pada menit ke-41, Fabian Ruiz Kembali melepaskan tendangan yang masih dapat dijangkau dengan mudah oleh Donnarumma. Tidak ada peluang yang Kembali dilepaskan oleh kedua tim. Hingga peluit babak pertama ditiup, skor imbang tanpa gol bertahan.

Memulai babak kedua, Spanyol terus menggempur pertahanan Italia melalui pergerakan umpan satu dua di lini tengah yang dibangun melalui pergerakan Rodri, Fabian Ruiz dan Pedri.

Di menit ke-54, pergerakan individu di sisi kiri Nico Williams melepaskan umpan silang yang mengarah ke gawang. Bola sempat berbelok usai tersundul oleh Morata hingga membuat Riccardo Calafiori salah mengantisipasi bola dan masuk ke gawang sendiri. La Roja membuat kedudukan berubah dengan unggul 1-0.

Morata melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-57, namun bola yang mengarah ke tiang masih dengan mudah ditinju oleh Donnarumma yang berada di posisi arah datangnya bola.

Di menit ke-70 memanfaatkan pergerakan dari Yamal yang masuk ke dalam kotak penalti dan berhasil mengirim umpan, Williams yang mendapatkan ruang terbuka melesatkan sepakan yang masih membentur mistar gawang Donnarumma.

Pada menit ke-81, melalui pergerakan di sektor kiri Italia, Di Marco memperoleh ruang tembak namun tembakannya masih membentur barisan pertahanan Spanyol.

Italia yang terus bermain keluar menyerang untuk menyamakan kedudukan justru harus menghadapi petaka di menit akhir pertandingan. Melalui skema serangan balik, Ayoze Perez melakukan pergerakan di dalam kotak penalti, namun tendangannya masih bisa diantisipasi Donnarumma.

Spanyol yang tampil mendominasi pertandingan dengan menguasai 57 persen penguasaan bola dan melepaskan total 20 tembakan mengunci tiga poin penuh pada pertandingan kali ini dengan skor 1-0 yang bertahan hingga peluit pertandingan berakhir.

Kekalahan atas Spanyol, tidak membuat Italia beranjak dari posisi kedua grup B dengan mengoleksi tiga poin. Sementara itu Spanyol yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar akan melakoni pertandingan terakhir menghadapi Albania. Lalu Italia bakal bertemu Kroasia pada pertandingan hidup dan mati yang menentukan satu tempat untuk menemani Spanyol ke babak 16 besar.

Susunan pemain :

Spanyol (4-3-3) : Unai Simon (PG); Dani Carvajal, Aymeric Laporte, Robin Le Normand, Marc Cucurella; Pedri, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams.
Pelatih : Luis de la Fuente

Italia (4-2-3-1) : Gianluiggi Donnarumma (PG); Giovanni Di Lorenzo, Alessandro Bastoni, Riccardo Calafiori, Federico Dimarco; Jorginho, Nicolo Barella; Lorenzo Pellegrini, Federico Chiesa, Davide Frattesi; Gianluca Scamacca.
Pelatih : Lusiano Spalletti.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
31o
Kurs