Kamis, 2 Mei 2024

Merayu Petani Dengan Program Kemitraan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Merayu suara di basis petani, partai Nasional Demokrat gelar program kemitraan bersama petani. Untuk tahap awal, kemitraan digelar bersama dengan para petani bawang merah di Bojonegoro.

Sri Sajekti Sudjunadi, Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Nasdem mengatakan kemitraan digelar dengan cara para petani akan diberikan kesempatan menggarap lahan yang sepenuhnya sudah disiapkan.

“Mulai sewa lahan dan bibit sudah ditanggung. Petani tinggal menggarap,” kata dia. Keuntungan dari hasil panen lantas akan dibagi sama rata yaitu 50:50. Artinya petani tidak perlu keluar modal sudah dapat untung.

Dengan program ini, para petani diharapkan bisa mandiri untuk bisa mengelola lahan tanpa harus terbebani biaya sewa lahan atau biaya pengadaan bibit maupun pupuk untuk tanaman.

Keuntungan yang diperoleh petani ini diharapkan bisa dijadikan modal awal bagi mereka sehingga selanjutnya para petani bisa mandiri dengan adanya suntikan keuntungan. “Kalau petani menikmati hasilnya, saya rasa anak-anak petani tak lagi ragu meneruskan jejak orang tuanya sebagai petani,” kata dia.

Untuk tahap awal ini, petani bawang merah sengaja menjadi prioritas karena komoditas ini menjadi primadona dan sering langka, sehingga harganya sangat menguntungkan bagi petani. (fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs