Kamis, 16 Mei 2024

Pencairan Dana Jasmas Anggota Parlemen Dihentikan Selama Pemilu

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Soekarwo, Gubernur Jawa Timur mengeluarkan surat edaran penghentian dana jaring aspirasi masyarakat (jasmas) bagi anggota DPRD baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Jawa Timur.

“Edaran ini untuk menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri yang melarang pencairan jasmas selama pemilu,” kata Soekarwo, Jumat (28/3/2014). Menurut dia, penghentian pencarian dana jasmas akan dilakukan hingga pemilihan presiden 9 Juli 2014.

Dari sisi kepatutan dan keadilan, penghentian dana jasmas merupakan kewajaran karena saat ini masuk tahapan pemilu. Jika tak dihentikan, dana jasmas dikawatirkan jadi modal kampanye bagi anggota DPRD.

Soekarwo mengatakan, dana jasmas memang diperlukan karena bagian dari charity pembangunan dari pemerintah. Tapi, pemberian dana jasmas jelang pemilu dianggap melanggar azas kepatutan dan keadilan.

Sementara itu, dengan penghentian jasmas, anggota DPRD Jawa Timur yang akan menggelar reses dipastikan tidak akan bisa menikmati dana jasmas.

“Ya silakan reses, tapi tidak ada dana jasmas, hingga akhir pemilu,” kata Soekarwo.

Reses anggota DPRD Jawa Timur sendiri digelar selama sepekan mulai hari ini, Jumat (28/3/2014) hingga jumat (4/4/2014) mendatang. (fik/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs