Senin, 15 Agustus 2022

Indonesia Inspirator Kemerdekaaan Asia dan Afrika

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Jazuli Juwaini Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan kalau Indonesia merupakan inspirator bagi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika untuk menuntut dan memperjuangkan kemerdekaannya. Soekarno presiden, menurut Jazuli, sudah berhasil menghadirkan kemerdekaan sebagai jembatan emas menghantarkan rakyat Indonesia kepada kesejahteraan, kedaulatan dan kemandirian.

“Sebagai negara yang merdeka selepas berakhirnya Perang Dunia ke-II tahun 1945, Indonesia merupakan inspirator bagi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika untuk menuntut dan memperjuangkan kemerdekaannya,” ujarnya dalam Refleksi 70 Tahun Indonesia Merdeka, di Gedung Nusantara I, Senayan, Rabu (26/8/2015).

Meski banyak mengalami berbagai dinamika politik, ekonomi sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan, tidak bisa dipungkiri telah banyak capaian positif sepanjang 70 tahun Indonesia Merdeka. Hal itu tentunya diiringi dengan berbagai beban pekerjaan rumah yang menunggu untuk diselesaikan oleh seluruh komponen bangsa.

“Seluruhnya mengacu pada upaya untuk mencapai tujuan kemerdekaan kita, yakni melindungi seluruh tumpah darah, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dan turut serta dalam perdamaian dunia,” tegasnya.

Legislator dari daerah pemilihan Banten III yang meliputi Kabuaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan itu  berharap, seminar refleksi kebangsaan ini menjadi catatan penting bagi Indonesia di masa depan, khususnya dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Merdeka di tahun 2045.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Senin, 15 Agustus 2022
25o
Kurs