Sabtu, 27 April 2024

KPU Targetkan 80 Persen Partisipasi Masyarakat pada Pemilu Lima Tahun ke Depan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Arief Budiman Komisioner KPU RI saat membuka acara Konsolidasi Program Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi/KIP Aceh di KPU Kota Surabaya, Selasa (12/5/2015) malam. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

KPU Kota Surabaya menyelenggarakan acara Konsolidasi Program Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat yang diikuti bidang Sosialisasi KPU Provinsi/KIP Aceh Seluruh Indonesia, Selasa (12/5/2015) malam. Pada kegiatan ini, KPU menyamakan strategi sosialisasi untuk meraih target partisipasi masyarakat yang lebih tinggi.

Arief Budiman Komisioner KPU RI mengatakan, program sosialisasi pada tahun-tahun sebelumnya berbeda-beda setiap daerah. Pada kesempatan itu, KPU RI mengenalkan strategi dari KPU RI dan memberikan kesempatan bagi KPU Provinsi atau KIP Aceh untuk memberikan masukan-masukan yang sesuai dengan kultur daerah masing-masing.

“Dengan kegiatan ini, kita akan membuat strategi sosialisasi yang tertata sistematis sehingga mencapai target,” ujarnya dalam pidato pembukaan acara, Selasa malam. Ia mengatakan, KPU RI menargetkan peningkatan partisipasi masyarakat untuk lima tahun ke depan. Pada Pemilu nasional 2019 yang akan datang, KPU menargetkan partisipasi masyarakat mencapai 78 hingga 79 persen.

“Untuk lima tahun ke depan, ada target peningkatan sampai 80 persen,” ujarnya. Sebelumnya, target yang telah dicapai oleh KPU pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2014 dalam hal partisipasi masyarakat adalah 75 persen.

Menurut Arief, prosentase partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum di Indonesia tersebut tergolong memiliki partisipasi masyarakat yang baik bila disejajarkan dengan negara-negara demokrasi lainnya.

“Di banyak negara, angka (partisipasi masyarakat dalam Pemilu–red) yang kita capai sudah sangat bagus. Negara-negara yang sangat demokratis pun, 60 persen itu sudah bagus,” pungkasnya. (den/ipg)

Teks Foto:
– Para pembicara Komisioner KPU RI dan Ketua KPU Jatim dalam pembukaan acara Konsolidasi Program Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat.
Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs