Sabtu, 4 Mei 2024

Baleg Optimis Penuhi Target Prolegnas 2016

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Firman Subagyo Wakil Ketua Baleg DPR RI menyatakan optimis masa sidang DPR RI selama tahun 2016 mendatang akan memenuhi target pencapaian legislasi. Selain pengurangan masa reses dan kunjungan ke luar negeri,

DPR ke depan tidak lagi banyak gonjang-ganjing politik, dibanding sebelumnya. Di mana selama setahun 2014-2015 DPR diwarnai konflik Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Dari 40 Rancangan Undang-Undang (RUU) yang masuk Prolegnas 2016, sebanyak 14 RUU sudah masuk pembahasan tingkat I, 3 RUU tunggu amanat presiden (Ampres), dan 5 RUU sudah harmonisasi. Jadi, dengan pengurangan reses dan kunker itu, pemerintah-kementerian juga melakukan kinerja yang sama,” ujar Firman dalam diskusi “Pengurangan reses dan kunker, efektifkah?” di gedung DPR, Jumat (29/1/2016).

Untuk itu, kata Firman , Baleg optimis target legislasi itu akan tercapai minimal 37 RUU. Ketika terdapat RUU yang dapat dirampungkan oleh setiap komisi dari 40 RUU tersebut, maka 1 RUU dari Prolegnas perubahan itu masuk untuk dilakukan pembahasan.

“RUU ini akan menjadi perubahan Prolegnas RUU prioritas Tahun 2016, bila sudah ada RUU Prolegnas Prioritas yang diselesaikan pembahasannya,” ujar dia.

Terobosan tersebut, menurut Firman, perlu ditempuh dengan banyaknya RUU Prolegnas periode 2015-2019 menjadi 169 RUU. Apalagi sejumlah RUU Prolegnas prioritas 2015 yang tidak rampung menjadi pekerjaan rumah DPR, dan pemerintah. Terlebih DPR dan pemerintah menentukan RUU Prolegnas prioritas di bulan ke dua awal tahun 2016 ini. Mestinya, penetapan RUU Prolegnas prioritas ditetapkan di penghujung tahun 2015.

Namun demikian, dia optimis dengan penyelesaian RUU Prolegnas prioritas 2016 dapat lebih baik ketimbang tahun sebelumnya. Apalagi dengan berbagai terobosan yang bakal ditempuh demi mewujudkan penyelesaian target di bidang legislasi. Bahkan, suasana di parlemen lebih dinamis ketimbang tahun sebelumnya yang penuh kegaduhan.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs