Selasa, 14 Mei 2024

DPR Nilai Positif Kinerja Sutiyoso

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Tantowi Yahya anggota Komisi I DPR RI yang merupakan mitra kerja dari Badan Intelijen Negara (BIN) menilai positif kinerja Sutiyoso.

Pernyataan Tantowi ini menyikapi usulan Joko Widodo presiden terhadap Komjen Polisi Budi Gunawan untuk menjadi Kepala BIN yang akan menggantikan Sutiyoso.

“Issue pergantian Kepala BIN sudah lama berhembus, namun kami di Komisi 1 belum berani berkomentar karena baru sebatas issue. Kami menilai positif kinerja BY (Bang Yos) sebagai KaBIN selama kurang lebih setahun ini, dengan deretan prestasi,” ujar Tantowi di Jakarta, Sabtu (3/9/2016).

Menurut Tanto, ada beberapa kejadian yang sempat memojokkan Sutiyoso. Namun waktu, fakta dan data yang akhirnya membuktikan bahwa itu tidak sepenuhnya kesalahan Sutiyoso dan lembaga yang dipimpinnya.

Dia menjelaskan, jabatan menteri dan kepala lembaga setingkat menteri adalah jabatan politis. Ditambah lagi, dalam nomenklatur penyelenggaraan pemerintah, menteri dan kepala lembaga adalah pembantu Presiden. Dengan status tersebut, Presiden sebagai penguasa tertinggi di pemerintahan mempunyai otoritas untuk melakukan pergantian dan pergeseran dalam rangka mencapai target kinerja.

“Alhamdulillah BY (Bang Yos) telah memaknai pergantian ini sebagai siklus biasa. Saya sendiri belum bertemu BY lagi, tapi mendengar penjelasan dari mas DHW (Dradjad Hari Wibowo), saya senang dan bangga dengan kelegowoan beliau,” kata Tantowi.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs