Selasa, 7 Mei 2024

Kasus Debora, DPR Apresiasi Kemenkes

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Komisi IX DPR RI mengapresiasi langkah cepat kementerian kesehatan untuk melaporkan hasil investigasi terhadap kasus bayi Tiara Debora. Dalam konteks ini, amanat komisi IX yang menugaskan kemenkes untuk melaporkan hasil investigasinya dalam 2 x 24 jam dilaksanakan.

Demikian disampaikan Saleh Partaonan Daulay Wakil Ketua Komisi IX DPR RI fraksi partai Amanat Nasional (PAN) di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Dia berharap, hasil investigasi ini akan ditindaklanjuti sehingga tidak hanya sekedar laporan sepintas begitu saja.

“Kami akan mempelajari dulu hasil investigasi ini. Jika ada hal yang dianggap belum memuaskan, tentu komisi IX nanti akan meminta untuk dilakukan tindakan yang dibutuhkan,” kata Saleh.

Dari laporan ini, kata dia, kelihatannya kemenkes belum fokus pada pelanggaran UU No 36/2009, khususnya pasal 32 dan 190. Yang dilaporkan ini kelihatannya masih fokus pada persoalan administratif. Seharusnya, investigasi bisa masuk pada persoalan implementasi UU.

Sejalan dengan hasil investigasi ini, menurut Saleh, komisi IX mengharapkan agar bisa dijadikan sebagai rujukan oleh pihak kepolisian. Apalagi, pihak kepolisian saat ini sedang melakukan investigasi. Tentu investigasi yang dilakukan pihak kepolisian berbeda dengan apa yang dilakukan oleh kemenkes.

“Kami berharap, pihak kepolisian melakukan investigasi secara objektif dan berkeadilan. Dengan begitu, masyarakat bisa merasakan ketenangan dan ketentraman ketika berurusan dengan rumah-rumah sakit dan faskes yang ada,” ujarnya.(faz/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
32o
Kurs