Senin, 6 Mei 2024

Ketua PKK Ingatkan Kadernya Agar Tetap Netral

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Nina Soekarwo Ketua TP PKK Jatim saat menyampaikan sambutan dan mengingatkan kader PKK harus netral, di Gedung Negara Grahadi, Rabu (27/12/2017). Foto: Humas Pemprov Jatim

Nina Soekarwo Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Timur mengingatkan agar ibu-ibu PKK tetap independen dan netral menjelang Pilgub Jatim 2018.

Ini dia sampaikan saat pelantikan Ketua TP PKK Kota Batu dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batu 2017-2022, di Gedung Negara Grahadi, Rabu (27/12/2017).

“Gerakan TP PKK sifatnya independen, netral dan tidak berafiliasi pada kelompok atau partai tertentu. Jadi, independensi ketua PKK harus diutamakan,” katanya saat menyampaikan sambutan dalam pelantikan TP PKK Kota Batu.

Bude Karwo menjelaskan, salah satu program yang menjadi perhatian TP PKK adalah bidang kesehatan keluarga dan lingkungan. Yakni bagaimana PKK berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan melalui pola hidup bersih, penurunan Angka Kematian Ibu melahirkan (AKI), dan Angka Kematian Bayi (AKB), serta pencegahan penyakit menular.

Menurutnya, tingkat AKI nasional saat ini dari 228/100 ribu kelahiran hidup meningkat menjadi 359/100 ribu kelahiran hidup. Sedangkan target MDG`s sebesar 102/100 ribu kelahiran hidup. Sedangkan di Jatim, tingkat AKI ini justru menurun menjadi 91/100 ribu kelahiran hidup.

Berdasarkan data penurunan AKI di Jawa Timur inilah, kata perempuan yang akrab disapa Bude Karwo itu, mengharuskan TP PKK Prov Jatim harus memberikan pendampingan berkelanjutan pada ibu hamil beresiko tinggi. Bude Karwo menyebutkan, saat ini sudah ada sebanyak 4.988 ibu hamil dengan resiko tinggi yang sudah didampingi.

“Ke depan kami sepakat harus zero (nol), karena itu upaya pendampingan bagi ibu hamil resiko tinggi sangat diperlukan,” katanya.

Sementara dalam hal AKB, Bude Karwo menilai AKB di Kota Batu sendiri sudah sangat bagus, yakni 22/1.000 kelahiran hidup. Angka ini di bawah AKI Provinsi Jatim sebesar 23/1.000 kelahiran hidup. “Jumlah ini sudah on the track, karena target MDG`s-nya 23/1000 kelahiran hidup,” terang isteri Gubernur Jatim ini.

Perlu diketahui, pelantikan Ketua TP PKK Kota Batu ini berdasarkan SK Ketua TP PKK Prov. Jatim nomor 08/KEP/PKK.PROV/XII/2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan Ketua TP PKK Kota Batu tanggal 18 Desember 2017. Adapun Ketua TP PKK Kota Batu terpilih adalah Wibi Asri Punjul Santoso.(den/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs