Jumat, 24 Mei 2024

Pensiun Polisi, Mantan Kapolda Jatim Pimpin Partai

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Anton Setiadji usai acara silahturahmi dengan kyai di salah satu hotel Surabaya, Rabu (10/5/2017). Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Usai pensiun dari Kepolisian dengan pangkat terakhir Inspektur Jenderal Polisi, Anton Setiadji mantan Kapolda Jawa Timur menduduki jabatan barunya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Berkarya Jawa Timur.

Hal itu diungkap Anton kalau sekarang dirinya sudah tidak aktif di kepolisian, tapi lebih banyak aktif untuk berkarya bersama partai yang dibentuk Hutomo Mandala Putra atau akrab dipanggil Tommy Soeharto.

“Kalau wawancara sekarang ini bukan Kapolda Jawa Timur lagi. Tapi, sekarang saya diwawancari sebagai Ketua DPW Partai Berkarya Jawa Timur,” terang Anton Setiadji usai acara silahturahmi dengan kyai di salah satu hotel Surabaya, Rabu (10/5/2017).

Menurut dia, sebagai partai baru fokus dalam mencari kader-kader yang mau berkarya, bergabung bersama dengan Partai Berkarya. Karena target utamanya menjadikan Partai Berkarya bisa lolos dalam verifikasi secara faktual.

“Tugas saya untuk membina kader-kader berkarya. Target kita bisa mendapatkan kursi dalam partai politik di Jawa Timur,” ucapnya.

Saat ini, kata Anton, kader yang sudah masuk dan bergabung sudah cukup banyak. Rata-rata yang bergabung sudah tercatat pernah berpolitik atau bergabung dalam partai.

“Sampai sekarang yang sudah bergabung dalam Partai Berkarya, ada yang pernah bergabung di Partai Golkar, Nasdem, Perindo, Hanura dan partai lainnya,” kata orang yang pernah mengenyam pendidikan kepolisian dan meraih Adimakayasa (polisi terbaik) tahun 1983.

Sekedar diketahui, Partai Berkarya didirikan pada tanggal 15 Juli 2016, mendapat legitimasi hukum dan sah sebagai partai politik yang ada di Indonesia, pada tanggal anggal 17 Oktober 2016 setelah Yasonna Laoly Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia mengeluarkan surat keputusan.

Partai Berkarya ini merupakan histori 2 partai yakni Partai Beringin Karya dan Partai Nasional Republik. Dengan susunan pengurusnya, Partai Berkarya dipimpin Neneng A. Tutty, Sekretaris Jenderal dijabat Badaruddin Andi Picunang.

Ketua Dewan Pembina Partai dipegang oleh Hutomo Mandala Putra dan Laksamana TNI (Purn.) Tedjo Purdijatno Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ditunjuk sebagai ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya. (bry/dwi/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
27o
Kurs