Jumat, 19 April 2024

KPU Tetapkan Paslon Pilgub Jatim Terpilih Selasa Malam Ini

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Media gathering KPU persiapan penetapan pasangan calon terpilih yang akan dilaksanakan Selasa (24/7/2018) malam. Foto: Denza suarasurabaya.net

KPU Provinsi Jawa Timur akan menetapkan Pasangan Calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih di Pilgub Jatim 2018 Selasa (24/7/2018) malam di Hotel Wyndham, Surabaya.

Choirul Anam Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur mengatakan, penetapan ini dilakukan setelah turunnya surat dari Mahkamah Konsitusi (MK) dan KPU RI.

Surat dari MK tersebut, Nomor 14/PAN.MK/7/2018 menyebutkan, dari seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak, ada 70 gugatan masuk MK terkait pilkada serentak.

Jawa Timur tidak termasuk dalam daftar gugatan tersebut, atau bisa disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan Pilgub di Jawa Timur tidak ada pihak yang menggugat ke MK.

Berdasarkan surat ini juga, KPU RI mengeluarkan surat edaran (SE) tanggal 23 Juli 2018 perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Tanpa Perselisihan.

“Surat KPU itu menyatakan, Pilgub Jatim tidak ada gugatan, sehingga wajib segera menetapkan paslon maksimal sehari setelah tanggal surat itu. Jadi hari ini kami lakukan penetapan,” kata Anam.

Penetapan pasangan calon, kata Anam, dijadwalkan berlangsung nanti malam di Hotel Wyndham pukul 19.00 WIB, yang rencananya akan dihadiri oleh 250 undangan yang telah disebar.

Anam mengatakan, ada beberapa pihak yang telah diundang oleh KPU Jatim. Yakni Bawaslu Jatim, kedua pasangan calon peserta Pilgub Jatim, parpol dan gabungan parpol pengusung, serta partai politik lain di Jawa Timur.

KPU juga mengundang semua pemangku kebijakan di Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Baik pemerintah, TNI, dan Polri.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs