Kamis, 25 April 2024

Hasil PSU, Jokowi-Ma’ruf Unggul di TPS 28 Rungkut Menanggal

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 28 Kelurahan Rungkut Menanggal, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, Sabtu (27/4/2019). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 unggul dalam pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 28 Kelurahan Rungkut Menanggal, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, Sabtu (27/4/2019).

Zuhri petugas KPPS membacakan hasil PSU di TPS tersebut. Pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul dengan perolehan 114 suara. Sedangkan Prabowo-Sandi pasangan nomor urut 02 memperoleh 62 suara. Suara tidak sah sebanyak dua surat suara. Total partisipasi pemilih pada PSU ini sebanyak 178 orang.

“Pasangan 01 mendapatkan 114 suara dan pasangan 02 mendapatkan 62 suara. Untuk suara sah ada 176 surat suara. Sedangkan tidak sah ada 2 surat suara,” kata Zuhri.

Terkait bagaimana perbandingan perolehan suara Pilpres pada PSU dengan pemungutan sebelumnya, Syamsul Anam Ketua PPS Rungkut Menanggal mengaku tidak memastikan apakah naik atau turun.

“Belum tahu naik apa turun. Sudah kita hitung tapi belum kita rekapitulasi. Karena ada rekomendasi itu,” kata dia.

Syamsul mengatakan, di TPS 28 ini ada 278 pemilih. Dengan rincian, 269 warga masuk ke dalam DPT dan 9 DPK. Namun, pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada PSU ini hanya 178 orang. Sedangkan 100 orang lainnya tidak menggunakan hak pilihnya.

Sehingga, tingkat partisipasi pemilih pada PSU ini menurun daripada pemungutan suara pada 17 April lalu. Tingkat partisipasi masyarakat pada PSU ini hanya sekitar 64 persen, sedangkan sebelumnya mencapai 77 persen atau 215 pemilih.

“Kami tidak tahu pasti kenapa menurun. Tapi memang, keterangan sebagian besar karena beraktivitas atau bekerja. Saat kami menyebarkan C6 itu juga sulit ketemu karena mereka beraktivitas,” kata dia.

Usai melakukan penghitungan suara Pilpres, kata dia, dilanjutkan dengan penghitungan suara DPR RI, DPD, dan DPRD Jatim. Penghitungan suara ini ditargetkan selesai sebelum pukul 21.00 WIB. (ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs