Jumat, 19 April 2024

Logistik Pemilu Belum Tersedia, Pemungutan Suara di Abepura Terancam Diundur

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Didik suarasurabaya.net

Pemungutan suara banyak TPS di Kecamatan Abepura, Kota Jayapura, Papua, terancam diundur karena terlambatnya distribusi logistik pemilu hingga Rabu (17/4/2019) siang ini.

Keluhan tersebut disampaikan oleh Vico Pawane salah satu pendengar Radio Suara Surabaya yang mengatakan bahwa dirinya tidak bisa mencoblos hari ini karena tidak tersedianya logistik pemilu.

Berdasarkan cerita Vico, ia telah datang ke TPS 32, Kelurahan Yobe, Abepura sekitar pukul 08.00 WIT. Namun sampai disana, para petugas mengatakan bahwa logistik masih belum tersedia dan Vico diminta untuk menunggu.

Sekitar satu jam menunggu di TPS, logistik masih belum datang juga. Akhirnya Vico diminta untuk menunggu di rumah untuk kemudian kembali lagi.

Namun saat jam 11.00 WIT ia kembali ke TPS, para petugas malah memintanya untuk kembali besok (Kamis, 18/4/2019) karena logistik dipastikan belum ada untuk hari ini.

“Kemudian jam 11.00 saya kembali, sampai sana dipastikan surat suara dan kelengkapan belum ada jadi suruh kembali besok pukul 07.00 seperti biasa,” kata Vico kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (17/4/2019).

Intruksi untuk kembali besok itupun, lanjutnya, belum dapat dikonfirmasi benar tidaknya karena belum ada seruan resmi dari KPU setempat.

“Tadi yang ngasih tahu petugasnya, terus saya mau tanya-tanya lagi sebagian (petugas, red) sudah pulang,” ujarnya.

Ia mengaku belum mengetahui pasti, apakah kejadian yang menimpa dirinya juga terjadi di seluruh wilayah Abepura. Tapi menurut pantauannya, sebagian besar warga Abepura juga mengeluhkan hal serupa.

“Saya saja ini tahu dari medsos kalau orang-orang disekitar saya mengeluhkan belum ada pencoblosan. Saya nggak tahu seluruhnya apa tidak, yang pasti sebagian besar mengeluhkan itu,” keluh Vico.

Ia juga menampik bahwa kemungkinan keterlambatan kelengkapan surat suara karena wilayah yang sulit dijangkau. Menurutnya, wilayah di Abepura tergolong daerah yang cukup tersedia sarana dan prasarana.

Vico mengaku sangat kecewa karena dia beserta sebagian besar warga Abepura belum bisa menyalurkan hak pilihnya hari ini. Sedangkan Arief Budiman Ketua KPU hingga berita ini dimuat masih belum dapat dihubungi.(tin/dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs