Kamis, 30 Juni 2022

Targetkan Menang 60 Persen di Pilkada Jatim 2020, PKS Serahkan Calon ke Daerah

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Hidayat Nur Wahid Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) setelah membuka Rakorwil PKS Jatim 2019 di Surabaya, Minggu (15/12/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Partai Keadilan Sejahtera menargetkan kemenangan 60 persen dari 19 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada Serentak di Jawa Timur pada 2020 mendatang.

Hidayat Nur Wahid Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyerahkan penentuan calon kepala daerah yang diusung di Pilkada Jawa Timur 2020 kepada pengurus PKS di daerah.

Dia mengatakan, PKS tentu saja memiliki kebijakan dasar partai untuk mencalonkan dan memenangkan calon yang diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2020 mendatang.

“Siapa? Kami selalu pakai pendekatan bottom up. Silakan kawan-kawan di daerah berembuk,” ujar Hidayat setelah membuka Rakorwil PKS Jatim 2019 di Surabaya, Minggu (15/12/2019).

Hidayat mengatakan, pengurus PKS di tingkat pusat akan mengeluarkan rekomendasi untuk calon-calon kepala daerah di Jawa Timur yang telah disepakati pengurus PKS di kabupaten/kota.

PKS berkomitmen memenangkan Pemilihan Wali Kota Surabaya pada 2020 mendatang. Tetapi, kata Hidayat, PKS juga berkomitmen memenangkan Pilkada di kabupaten/kota lain di Jawa Timur.

“Kami melihat, seluruhnya (daerah di Jatim) adalah barometer. Faktanya, dalam konteks Jatim, PKS sudah menyebar di banyak kota, banyak daerah. Kami akan kerja maksimal,” kata Wakil Ketua MPR RI itu.

Irwan Setiawan Ketua DPW PKS Jatim mengatakan, DPW PKS Jatim sudah melakukan proses Pemilihan Internal Raya (Pemira) untuk mencari kader yang diusung jadi bakal calon kepala daerah.

Pekan depan, kata Irwan, DPW PKS Jatim akan merilis sejumlah nama hasil Pemira yang telah dilakukan PKS untuk diusung pada Pilkada di 19 kabupaten/kota yang di Jawa Timur.

“Kami akan merilis hasil Pemira itu pekan depan. Siapa saja nama-nama yang layak hasil pemira untuk 19 kabupaten/kota, termasuk untuk Surabaya. Nanti masing-masing teman di daerah yang akan merilis biar tidak melangkahi aturan,” katanya.

Perlu diketahui, pekan lalu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Surabaya sudah menyelenggarakan Pemilihan Internal Raya (Pemira) yang menyeleksi sejumlah nama kader internal sebagai bakal calon wali kota.

Pemira ini dilakukan dalam dua tahap. Pertama pada Agustus lalu, kedua pada awal Desember lalu. Dari belasan nama yang terseleksi pada Pemira pertama, tinggal 10 nama yang bertahan.

Berikut ini 10 nama kader internal PKS yang berpotensi menjadi Bakal Calon Wali Kota Surabaya yang diusung PKS hasil Pemira:

1 Achmad Zakaria
2 Ahmad Jabir
3 Akhmad Suyanto
4 Dwi Koryanto
5 Fatkur Rohman
6 Ibnu Shobir
7 Reni Astuti
8 Sigit Sosiantomo
9 Yulyani
10 Yusuf Rohana.(den/dwi)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 30 Juni 2022
30o
Kurs