Sabtu, 4 Mei 2024

Wisnu Sakti Tempati Posisi Puncak Calon Walikota Pilihan Masyarakat Versi Survey SSC

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Mochtar W Oetomo Direktur Utama SSC. Foto: Bhaskoro suarasurabaya.net

Beberapa nama tokoh disebut layak maju sebagai Calon Walikota untuk Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya pada 2020 mendatang. Surabaya Survey Center (SSC) merilis, Wisnu Sakti Buana Wakil Walikota Surabaya menempati posisi puncak daftar.

“Wisnu Sakti mendapat suara 12,1 persen suara. Di posisi dua diikuti oleh Putri Guntur Seokarno yang mendapat 11,3 persen suara,” ujar Mochtar W Oetomo Direktur Utama SSC ketika merilis hasil survey lembaganya di salah satu hotel Surabaya pada Rabu (9/1/2019).

Mochtar juga menyebut, selain dua politisi PDIP tersebut, posisi ketika muncul nama Adies Kadir politisi Golkar yang mendapat suara 6,4 persen. Selain itu, pada posisi 1 persen ada beberapa nama populer yang turut masuk seperti Fandi Utomo, Ahmad Dhani, Azrul Ananda, Arzeti Bilbina, Masfuk, Bayu Airlangga, dan Ipong Muchlisoni.

Sedangkan, untuk tokoh di kisaran angka nol koma persen, ada beberapa nama seperti Halim Iskandar, Mahfud Arifin, dan Eri Cahyadi.

Mochtar mengatakan, pada Survey yang dirilisnya ini, undecided voters masih relatif tinggi. Ia menyebut, sebanyak 49,5 persen responden masih menjawab tidak tahu dan atau tidak menjawab sedangkan 1.1 persen lainnya menjawab lain-lain.

“Nama-nama ini muncul diawali dengan presurvey pada bulan november 2018, dengan pertanyaan terbuka, menurut bapak ibu siapa yang layak untuk maju Pilwali Surabaya 2020. Nama-nama yang muncul di bulan November inilah yang kita riset di bulan Desember,” ujarnya.

Sebagai Informasi, Survey SSC mengenai calon-calon walikota pilihan masyarakat digelar pada 20-31 Desember 2018 di 31 kecamatan di Kota Surabaya. Sebelumnya, SSC menggelar pre survey terlebih dahulu untuk memilih nama-nama yang akan disurvey pada bulan Desember. Riset menggunakan 1000 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin error tak lebih dari 3,1 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (bas/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs