Sabtu, 18 Mei 2024

Pengamat: Demokrasi Kita Makin Maju, Masyarakat Semangat Gunakan Hak Pilihnya

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Masyarakat berbondong-bondong mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di TPS 43 kawasan Pakis Tirtosari, Sawahan, Surabaya, untuk menggunakan hak pilihnya Rabu (17/4/2019). Foto: Iping suarasurabaya.net

Demokrasi di Indonesia dinilai semakin maju daripada sebelumnya karena Pemilu 2019 ini masyarakat makin semangat dalam menggunakan hak pilihnya.

“Ada perubahan banyak, demokrasi kita makin maju. Ada libur kejepit, orang pada pergi untuk menggunakan hak pilihnya. Ini menunjukkan semangat masyarakat menggunakan hak pilihnya,” kata Vieta Imelda Cornelis Dosen Hukum Tata Negara Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya.

Kata Vieta, ini juga tak lepas dari pengaruh media sosial. Di samping banyak berita hoaks yang bersliweran di media sosial, tapi juga banyak hal positif yang disebar di media sosial. “Orang jadi punya niat untuk menggunakan hak pilihnya di Pemilu kali ini,” ujar dia pada Radio Suara Surabaya, Kamis (18/4/2019).

Sementara itu, jika dilihat dari kinerja KPU, Bawaslu dan DKPP, lanjut dia, sosialisasi sangat gencar dilakukan di website.

“Aura positif ini yang harus terus kita kembangkan sambil kita benahi. Saya rasa pasti nanti ada yang menempuh jalur hukum. Entah legislatif maupun eksekutifnya. Tapi yang penting tetap damai,” pungkasnya. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs