Kamis, 18 April 2024

501 Tahanan Lapas Sidoarjo Ikut Gunakan Hak Pilih Pilkada 2020

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Sebelum masuk ke area TPS, tahanan wajib memakai masker, dicek suhu tubuhnya, dan diberi sarung tangan plastik sekali pakai. Foto: Istimewa

Kanwil Kemenkumham Jatim memberikan atensi lebih kepada gelaran Pilkada Serentak hari ini, Rabu (9/12/2020). Beberapa lapas/rutan juga turut menggelar pemungutan suara, salah satunya di Lapas IIA Sidoarjo.

Sebanyak 501 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ikut menggunakan hak pilihnya. Kegiatan pemungutan suara itu dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang didirikan di Lapangan (TPS 29) dan Ruang Kunjungan (TPS 30).

Teguh Pamuji Kalapas Sidoarjo mengatakan, pemungutan suara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semua tahanan wajib memakai masker, dicek suhu tubuhnya, dan diberi sarung tangan plastik sekali pakai.

Tahanan Lapas IIA Sidoarjo saat mencoblos di bilik suara. Foto: Istimewa

Di Lapas Sidoarjo awalnya memiliki 731 DPT. Namun, saat hari pencoblosan, jumlahnya berkurang menjadi 501 orang dari jumlah penghuni sebanyak 1.228.

“Hal ini dikarenakan WBP yang sebelumnya sudah masuk DPT sudah bebas atau mendapatkan PB, CB, asimilasi serta mutasi,” tuturnya, dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Sedangkan bagi tahanan yang tidak mendapatkan undangan memilih, karena tidak semua punya KTP Sidoarjo atau baru saja pindah dari lapas/ rutan lain.

Sementara itu, sekitar pukul 10.00 WIB Hudiyono PJ Bupati Sidoarjo melakukan sidak bersama Kombespol Sumardji Kapolresta Sidoarjo. Dia mengapresiasi upaya lapas yang berkomitmen menyelenggarakan pemilukada dengan aman dan tertib.

“Baru dua jam, tapi sudah hampir separuh DPT yang telah menyalurkan hak suaranya, ini jadi sinyal yang baik,” kata dia. (ang/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
30o
Kurs