Minggu, 5 Mei 2024

Jelang Pilkada, PDIP Jatim Bahas Bencana dan UMKM dalam Rakerda

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kusnadi Ketua PDIP Jatim. Foto: Istimewa

Jelang Pilkada Serentak 2020, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jatim akan mengonsolidasikan mesin partai melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang digelar Selasa (18/2/2020).

“Rakerda lebih banyak membahas persoalan yang dihadapi masyarakat luas, meski ada juga pembahasan internal soal konsolidasi partai,” ujar Kusnadi Ketua PDIP Jatim dalam keterangan pers, Senin (17/2/2020).

Tak hanya kader, Rakerda itu juga akan dihadiri sejumlah narasumber berkaitan dengan kebencanaan dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dua persoalan itu, kata Kusnadi, perlu dicarikan solusi.

“Ancaman bencana ini masih terjadi dari tahun ke tahun. Kami juga membahas potensi potensi perekonomian masyarakat melalui UMKM,” kata pria yang juga menjabat Ketua DPRD Jatim itu.

Pada 2019 lalu, kata dia, kemarau panjang menyebabkan sejumlah daerah di Jawa Timur mengalami kekeringan. Banyak warga kesulitan air bersih. Lalu tahun ini banjir dan longsor masih terjadi di sejumlah tempat.

PDIP juga akan membahas potensi ekonomi masyarakat melalui UMKM di bidang makanan dan minuman. Kedua bidang itu masih menjadi pendongkrak ekonomi Jatim namun PDIP menilai masih perlu penguatan.

Kusnadi menegaskan, PDIP ingin UMKM di Jawa Timur lebih berdaya saing. Tidak hanya berdaya di tingkat lokal, tetapi juga dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.

“Tema-tema kerakyatan seperti itu lebih banyak dibahas di rakerda. Karena bagi PDIP, setelah meraih kekuasan eksekutif dan legislatif harus ada kebijakan-kebijakan politik yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Rakerda PDIP Jatim ini akan mengacu pada tema Rakernas I Dewan Pimpinan Pusat PDIP di Jakarta, bulan lalu: “Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi.”

Sri Untari Bisowarno Sekretaris PDIP Jatim memastikan, Rakerda akan digelar di Hotel Utami Juanda, Sidoarjo, besok. Perwakilan pengurus cabang partai, juga anggota DPRD kabupaten/kota dan provinsi akan hadir.

“DPR RI dari dapil Jatim, juga kepala daerah dan wakil kepala daerah juga akan hadir. Jumlah pesertanya nanti kurang lebih ada lima ratusan. Lalu ada narasumber dari eksternal partai,” katanya.

Sri Untari mengatakan, ada narasumber dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan SAR Nasional, dan BMKG turut diundang dalam Rakerda. Mereka yang akan membahas kebencanaan.

Sementara berkaitan potensi ekonomi UMKM di Jatim, PDIP juga mengundang sejumlah narasumber mewakili Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta Hak Kekayaan Intelektual (HKI).(den/ang/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs