Minggu, 5 Mei 2024

PDIP Umumkan Bakal Calon Sebagian Pilkada di Jatim Pekan Depan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Sri Untari Sekretaris DPD PDIP Jatim. Foto: PDIP Jatim.

Sri Untari Bisowarno Sekretaris PDIP Jatim mengatakan, baru sebagian dari 19 kabupaten/kota penyelenggara Pilkada di Jatim yang bakal-calon kepala daerahnya diumumkan pekan depan.

Dia bilang, dari 19 pasang kepala daerah yang akan diusung partai banteng moncong putih itu, hanya sekitar tiga sampai empat pasangan yang akan diumumkan antara 10 atau 11 Januari besok.

“Nanti DPP (Dewan Pimpinan Pusat) yang mengumumkan saat Rakernas (Rapat Kerja Nasional). Kalau tidak tanggal 10 ya tanggal 11. Kan, pembukaannya tanggal 10 Januari di Jakarta,” katanya, Rabu (1/1/2020).

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP, kata Untari, yang akan mengumumkan rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah saat Rakernas. Tidak hanya untuk Pilkada Serentak 2020 di Jawa Timur.

Untari enggan memberikan bocoran, dari tiga atau empat pasangan calon kepala daerah di Jatim itu, apakah pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya termasuk di antaranya?

“Tunggu sajalah, nanti,” katanya ketika dihubungi melalui sambungan telepon.

Dia menegaskan, yang jelas, DPP PDIP hanya akan mengumumkan rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah yang menurut partai paling siap, termasuk kesiapan daerahnya.

Rekomendasi untuk bakal pasangan calon kepala daerah itu, menurut dia, adalah kewenangan penuh DPP PDIP. Pengurus di daerah cuma memberi usulan dan laporan berdasarkan pengamatan.

Beberapa dasar usulan dari DPD PDIP antara lain berdasarkan situasi politik di daerah penyelenggara Pilkada, serta hasil survei yang telah dilakukan terhadap bakal calon yang akan diusung.

Sampai sekarang, sudah ada 12 kabupaten/kota yang hasil surveinya sudah diserahkan PDIP pusat. Sisanya, tujuh daerah, masih dalam proses survei oleh lembaga survei yang ditunjuk partai.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
30o
Kurs