Sabtu, 20 April 2024

Ali Maschan: Machfud Arifin Dekat dengan Kiai NU dan Sangat Toleran

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Machfud Arifin Calon Wali Kota Surabaya Nomor Urut 2 bersama pendukungnya. Foto: Istimewa

Prof. Dr. H. Ali Maschan Moesa Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim menilai Machfud Arifin pribadi yang dekat dengan ulama. Itu yang bikin MA sangat toleran seperti ajaran para ulama.

”Waktu dulu Pak Machfud jabat Kapolda saya sering diundang ceramah,” ujarnya dalam keterangan tertulis Senin (30/11/2020). Uniknya, kata dia, ceramah dilakukan di lapangan Polda.

”Setiap hari Kamis pagi waktu apel. Karena kalau di masjid ndak semua bisa dengar,” kata Guru Besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya itu.

Ali Maschan menampik anggapan yang menyudutkan MA bermain politik identitas. Yakni, dengan dekat pada sosok pemeluk agama Islam yang eksklusif.

”Tidak benar itu. Malah sangat dekat dengan para Kiai NU,” ujar pria yang juga pernah menjadi Anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Ali Maschan kemudian mencontohkan partai pengusung Machfud Arifin. ”Bisa dilihat dari delapan partai yang merekomendasi. Dari beragam latar belakang, ada yang nasionalis ada yang religius,” kata Guru Besar UINSA itu.

Machfud Arifin Calon Wali Kota Surabaya Nomor Urut 2 sendiri berjanji akan mengedepankan sikap toleran. Sebagai mantan Kapolda Jatim, dia mengaku paham bahwa Surabaya sangat heterogen.

“Kami akan wujudkan Maju Kotane Makmur Wargane dengan mengedepankan sikap toleran. Semua bersama-sama menghargai antargolongan, kelompok, dan suku,” katanya.

Menurutnya, Surabaya adalah miniatur bangsa Indonesia. Semakin beragam dan heterogen semakin kokoh kekuatan bangsa ini. Karena itu menurutnya warga Surabaya sangat dewasa untuk saling menjunjung tinggi toleransi.

Machfud juga menegaskan bahwa dirinya akan membangun Surabaya dengan semangat Bhineka Tunggal Ika serta menentang keras politik identitas belakang diembuskan.

”Saya ini Kapolda tiga kali, sangat paham bagaimana mempersatukan semua golongan. Saya arek Suroboyo asli, sejak dulu membanggakan kota ini guyub rukun meski warganya dari banyak suku dan agama,” ujarnya.

Machfud Arifin yang berpasangan dengan Mujiaman berjanji membawa kota Surabaya naik kelas. Apa-apa yang sudah dibangun Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya akan dia jaga. Kekurangan yang ada akan ditingkatkan.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs