Sabtu, 8 Oktober 2022

Eri Cahyadi Bakal Perhatikan Pendidikan Pesantren

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Eri Cahyadi dan Armuji Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya dari PDI Perjuangan mencium bendera merah putih saat deklarasi di Taman Hormoni Keputih, Rabu (2/9/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Calon Wali Kota Surabaya nomor urut 1 menjanjikan pendidikan gratis hingga kepada pelajar di pesantren. Eri mengaku programnya berbentuk beasiswa untuk santri.

“Seluruh anak nantinya menikmati pendidikan gratis,” ujar Eri saat bersilaturahmi di Ponpes Aitam dan Dhuafa’, Nurul Karomah, Kendangsari, Senin (30/11/2020).

Menurut Eri, pendidikan agama di ponpes memiliki peran penting. Ponpes adalah pusat pendidikan anak Surabaya agar menjadi pribadi yang berakhlakul karimah.

Selain menjanjikan beasiswa bagi santri, Eri yang berpasangan dengan Armudji bakal meningkatkan perhatian pada ponpes. Wujudnya dengan pengembangan ekonomi, seperti UMKM di pesantren.

“Ponpes memiliki potensi yang sangat besar. Industrial UMKM bisa menggerakkan ekonomi ponpes. Selain itu, bisa melatih santri bisa membuat produk kuliner, kerajinan tangan atau alas kaki,” paparnya

Eri mengatakan, pihaknya mengaku akan membantu menjembatani produk dari ponpes agar bisa terserap di pasaran. “Ponpes harus lebih hebat,” ucapnya.

Sementara itu, KH Nur Qomari pengasuh ponpes Nurul Karomah menyambut baik rencana Eri itu. Menurut dia, ponpes membutuhkan perhatian dari pemimpin kota. Lewat program kerja yang bisa mengembangkan pendidikan agama dan pesantren. “Sehingga ponpes bisa lebih baik. Santri bisa berperan dengan membuat UMKM,” katanya.

Sekadar diketahui, di beberapa kesempatan Eri Cahyadi-Armudji menjanjikan peningkatan SDM di Surabaya. Salah satunya dengan memperluas program pendidikan gratis yang selama ini dilakukan Pemkot Surabaya. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Sabtu, 8 Oktober 2022
26o
Kurs