Minggu, 28 Februari 2021

KPU Surabaya Optimis Rekapitulasi Tuntas Hari Ini

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
KPPS membuka segel kotak suara saat giliran membacakan rekapitulasi suara dalam rapat pleno di Hotel Singgasana Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya 2020, dilanjutkan, Rabu (16/12/2020). Mulai kemarin hingga pukul 13.00 WIB hari ini, rapat pleno baru menuntaskan 15 Kecamatan.

Nur Syamsi Ketua KPU Surabaya bilang, proses rekapitulasi digelar kemarin dan dilanjutkan hari ini mulai pukul 10.00 WIB.

“Yang sudah clear 15 Kecamatan. Sebenarnya ada satu kecamatan lagi Lakarsantri tapi kami minta pencermatan daftar pemilihnya. Agar dicari di TPS mana datanya yang berbeda,” ujar Syamsi di Hotel Singgasana.

Syamsi bilang, masalah di Kecamatan Lakarsantri hanya butuh sinkronisasi data pemilih. Karena rupanya, ada input data yang tertukar antara pemilih laki-laki dan perempuan. “Tapi itu tidak merubah hasil,” katanya.

Syamsi menargetkan rapat pleno rekapitulasi ini bisa selesai hari ini. Sisa 16 Kecamatan segera diteruskan setelah istirahat makan siang.

“Kami targetkan selesai hari ini. Tapi, kami tetap tawarkan kesepakatan forum yang berjalan,” katanya.

Sekadar diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Surabaya 2020 ditetapkan sebanyak 2.089.027. Para pemilih difasilitasi hak suaranya di 5.182 TPS pada 9 Desember 2020 lalu.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya. Eri Cahyadi-Armudji Paslon nomor urut 1 diusung partai tunggal PDI-P dan didukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Lalu, Machfud Arifin-Mujiaman Paslon nomor urut 2 diusung 8 partai koalisi yakni PKS, PPP, PKB, Golkar, Nasdem, Demokrat, PAN dan Gerindra. (bid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Surabaya
Minggu, 28 Februari 2021
26o
Kurs