Mahathir Mohamad Perdana Menteri Malaysia menyerahkan surat pengunduran diri sebagai perdana menteri kepada Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Raja Malaysia, di Kuala Lumpur, Senin (24/2/2020).

Pernyataan resmi Kantor Perdana Menteri Malaysia menyebutkan bahwa Mahathir Mohamad telah menyampaikan surat peletakan jabatan kepada Raja Malaysia di Istana Negara pada pukul 13.00 waktu setempat.

Sebelumnya pada Senin pagi, Anwar Ibrahim Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR), Wan Azizah Wan Ismail Wakil Perdana Menteri dan Lim Guan Eng Ketua DAP telah bertemu Mahathir Mohamad di kediamannya di Seri Kembangan.

Pada jam 14.00, Anwar Ibrahim bakal diterima Al-Sultan di Istana Negara.

Menurut informasi yang dihimpun, peletakan jabatan tersebut diduga berkaitan dengan pergolakan politik yang terjadi dalam koalisi Pakatan Harapan (PH) sejak musyawarah Majelis Presiden Jumat lalu.

Pada Minggu malam, pimpinan partai politik Koalisi Pakatan Harapan pendukung Mahathir mengadakan pertemuan dengan partai oposisi Koalisi Barisan Nasional (BN) namun tidak ada pernyataan resmi setelah pertemuan tersebut.(ant/iss/ipg)