Jumat, 29 Maret 2024

Mahfuz: Gelora Indonesia Partai Terbuka dan Kekuatan Politik Baru

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia merupakan partai terbuka dan kekuatan politik baru yang mengusung ide kenegaraan dengan mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan kelima dunia.

Hal itu disampaikan Mahfuz Sidik Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia di Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

“Partai Gelora akan bergerak dari kanan ke tengah sebagai satu kekuatan politik baru yang mengusung ide kenegaraan dengan mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan kelima dunia,” kata Mahfuz.

Gelora Indonesia, lanjutnya, akan berkomunikasi dengan semua unsur masyarakat pemilih yang sepakat dan mendukung ide atau visinya.

“Siapapun mereka itu. Jadi kami tidak menyasar segmen pemilih partai tertentu,” tegasnya.

Sebagai partai terbuka, menurut Mahfuz, Gelora Indonesia adalah partai Islamis Nasionalis berasas Pancasila dengan mengusung ide modernisasi politik kenegaraan.

Karena itu, sejatinya visi besar Partai Gelora Indonesia sama dengan visi kolektif bangsa Indonesia dalam mewujudkan kekuatan sosial, ekonomi dan politiknya.

Sebagaimana Soekarno Presiden RI pertama dengan visi Indonesia Merdeka dan warisan Pancasila sebagai platform politik nasional. Soeharto Presiden RI kedua dengan visi Pembangunan Indonesia.

Kemudian BJ Habibie Presiden RI ketiga, Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid), Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo (Jokowi) berperan menguatkan dan mengembangkan sistem demokrasi, serta mewujudkan kesejahteraan nasional.

Situasi krisis global yang dipicu pandemi Covid-19 saat ini, menurut Mahfuz, harus dijadikan peluang Indonesia untuk meletakkan visi lanjutannya, yaitu menjadi salah satu kekuatan dunia.

“Bahwa di tengah krisis global saat ini, Indonesia bisa mengubahnya menjadi peluang untuk mulai meletakkan visi lanjutannya, yaitu menjadi salah satu kekuatan dunia,” tegas mantan Ketua Komisi I DPR ini.

Pemikiran politik Partai Gelora Indonesia meyakini bahwa untuk mewujudkan visi baru ini, bangsa Indonesia harus memiliki 4 pilar penting. Yakni Islam, Nasionalisme, Demokrasi dan Kesejahteraan.

Islam merupakan mayoritas penduduk muslim Indonesia yang didukung dengan budaya yang kuat. Sementara Nasionalisme dengan Pancasilanya sebagai platform politik nasional.

Sedangkan Demokrasi dan Kesejahteraan saat ini yang harus diakselerasi dengan terobosan kebijakan baru.

Sebagai partai baru dengan visi tersebut, maka agenda dan target Partai Gelora ada dua.

Pertama mensosialisasikan visi Arah Baru Indonesia, yakni ‘Indonesia Kekuatan Kelima Dunia’ kepada semua elemen bangsa dan membangun prinsip kolaborasi.

Kedua memastikan eksistensi politiknya dengan lolos Ambang Batas Parlemen di DPR RI pada pemilu yang ada.(faz/ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs