Jumat, 27 November 2020

PDI Perjuangan Geser Rieke Diah Pitaloka dari Posisi Wakil Ketua Baleg

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Rieke Diah Pitaloka anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan

Fraksi PDI Perjuangan melakukan rotasi di posisi Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, dari Rieke Diah Pitaloka, ke Komjen Pol (purn) Muhammad Nurdin.

Utut Adianto Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI menjelaskan, rotasi tersebut merupakan dinamika yang biasa.

Menurutnya, Fraksi PDI Perjuangan menggeser Rieke sebagai Pimpinan Baleg, dengan pertimbangan Baleg akan penuh dengan tugas-tugas berat, seperti pembahasan RUU Cipta Kerja.

“Kalau kita lihat Omnibus Law sudah mendekati titik-titik yang krusial, selain Omnibus Law tentu saja RUU Haluan Ideologi Pancasila. Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Mbak Rieke Diah Pitaloka. Tetapi, ini tahapannya ganti orang yang lebih untuk mengawal hal-hal seperti itu,” ujarnya dalam konferensi pers di Ruang Fraksi PDI Perjuangan Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Kata Utut, Fraksi PDI Perjuangan butuh orang yang lebih menguasai banyak bidang untuk membahas RUU Omnibus Law yang menyatukan berbagai Undang-Undang.

Tapi, Grand Master Catur itu menegaskan, bukan berarti partai berlambang banteng moncong putih meragukan kemampuan Rieke Diah Pitaloka.

“Pak Nurdin dengan latar belakang polisi tentu sangat paham. Dia pernah jadi Kapolda dua kali, tugas utamanya mengawal itu. Bukan berarti Rieke tidak mampu. Tetapi, ini konsekuensi yang harus dilakukan untuk meningkatkan pasukan internal sesuai dengan bidangnya,” paparnya.

Lebih lanjut, Utut mengatakan, pergantian pimpinan Alat Kelengkapan Dewan DPR RI merupakan hal yang wajar.

Sebelumnya, Fraksi PDI Perjuangan menggeser Hendrawan Supratikno dari Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI, menjadi anggota Panja Baleg.

“Baru-baru ini, ketika Omnibus Law mulai bergerak, Prof Hendrawan Supratikno kami geser dari Wakil Ketua BAKN menjadi anggota Panja Baleg untuk memperkuat Omnibus Law,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Rieke menjadi Pimpinan Baleg DPR RI bersama Supratman Andi Agtas (Ketua Baleg DPR RI/Fraksi Gerindra), Willy Aditya (Wakil Ketua Baleg/Fraksi NasDem), Achmad Baidowi (Wakil Ketua Baleg/Fraksi PPP, dan Ibnu Multazam (Wakil Ketua Baleg/Fraksi PKB).

Selain menjadi Pimpinan Baleg, Rieke menjadi Ketua Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang tentang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di Baleg DPR RI.(rid/tin/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Surabaya
Jumat, 27 November 2020
27o
Kurs