Selasa, 22 September 2020

Peluncuran Pilwali Surabaya 2020 Dilakukan Secara Virtual

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Para Komisioner KPU Surabaya saat persiapan peluncuran Pilwali Surabaya 2020 di Dyandra Convention Center. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menggelar peluncuran Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya 2020 di Dyandra Convention Center Jalan Basuki Rahmat, Surabaya. Launching Pilwali Surabaya 2020 ini dikemas menyesuaikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Nur Syamsi Ketua KPU Kota Surabaya dalam konferensi pers sebelum acara bilang, launching Pilwali Surabaya 2020 ini untuk meneguhkan pada warga Surabaya yang memiliki hak pilih. Bahwa Pilwali Surabaya bisa dilakukan dengan prosedur protokol kesehatan ketat.

“Demokrasi harus tetap berjalan, tapi juga harus menjaga protokol kesehatan,” ujar Syamsi di Dyandra Convention Center, Sabtu (15/8/2020).

Syamsi mengatakan, acara launching Pilwali 2020 ini didesain dengan daring dengan panggung utama berada di Dyandra Convention Center. Selebihnya, para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) bisa terlibat melalui titik Kecamatan masing-masing.

“Sebenarnya gedung Dyandra bisa menampung 1.000 orang, tapi launching kami lakukan secara virtual demi protokol kesehatan. Kami hanya mengundang 50 orang perwakilan Pejabat, Parpol, perwakilan disabilitas, dan lainnya,” katanya.

Dalam acara yang digelar hanya sejam mulai 19.00 WIB sampai 21.00 WIB itu, para PPK dan PPS di 31 Kecamatan tidak hanya bisa mengikuti dengan pasif, tapi juga bisa menampilkan pertunjukan masing-masing yang bisa tersampaikan ke tengah-tengah acara di panggung utama melalui daring.

“Mereka akan menampilkan keberagaman budaya dan tradisi di sekitar untuk memeriahkan launching ini. Kecamatan Tambaksari misalnya nanti memakai baju bonek, terus Kecamatan Jambangan akan berbusana pakaian daur ulang. Semuanya bisa memeriahkan,” katanya.

Syamsi berharap, pesta demokrasi Pilwali Surabaya 9 Desember 2020 bisa disambut oleh warga dengan suka cita. Meski sekarang masih dalam situasi pandemi, tapi semangat menjemput kepemimpinan harus tetap dilaksanakan.

“Kami berharap warga Kota Surabaya tetap semangat menyambut Pilwali Surabaya dan berpartisipasi aktif,” katanya. (bid/iss)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Bintang Rahmadani

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Selasa, 22 September 2020
30o
Kurs