Senin, 24 Januari 2022

Pemerintah Harus Tingkatkan Pemerataan Jaringan Internet Jelang Pilkada Serentak

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR RI. Foto: Istimewa

Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR RI meminta pemerintah segera menyiapkan sarana dan prasarana jaringan internet di seluruh Indonesia, untuk menunjang pelaksanaan Pilkada serentak.

Karena Pilkada di masa pandemi Covid-19 mengutamakan kampanye dengan cara dalam jaringan (daring), maka jaringan internet adalah hal yang mutlak diperlukan.

“Kampanye pada Pilkada 2020 diatur secara virtual. Tentunya membutuhkan jaringan internet di berbagai wilayah sampai pelosok tanah air. Jangan sampai kampanye virtual diutamakan, tapi sistem pendukungnya belum menunjang,” ujarnya di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Politisi Partai Golkar itu menilai, perluasan jaringan internet juga diperlukan untuk membantu sistem belajar online secara virtual yang dilakukan para peserta didik di masa pandemi Covid-19.

“Saat ini masih banyak daerah yang belum mengenal atau memiliki jaringan internet di wilayahnya. Tentunya saya mengharapkan masyarakat dapat merasakan kehadiran Negara di masa pandemi, dan tidak mengganggu agenda kampanye virtual,” jelasnya.

Lebih lanjut, Pimpinan DPR RI bidang Korpolkam menyatakan akses internet sebagai bagian dari tuntutan zaman. Bahkan, di masa pandemi seperti sekarang, akses internet menjadi kebutuhan.

Sayangnya, jaringan internet masih belum merata di Tanah Air, sedangkan pemerintah mendorong berbagai kegiatan dilakukan secara daring.

“Sudah saatnya mengatasi kesenjangan digital di tingkat sosial, akses internet harus menjadi bagian dari konsep Hak Asasi Manusia. Sehingga, memberi kesemptan yang sama bagi seluruh Rakyat Indonesia,” tandasnya. (rid/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Senin, 24 Januari 2022
32o
Kurs