Minggu, 22 Mei 2022

Petugas Ber-APD Jemput Bola Suara Pasien Covid-19 RS Lapangan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Petugas pemungutan suara yang dibekali APD level 3 menunjukkan surat suara yang akan digunakan pasien Covid-19 di RS Lapangan, Jalan Indrapura, Surabaya, Rabu (9/12/2020). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Layanan jemput bola pemungutan surat suara berlangsung di RS Lapangan, Jalan Indrapura, Surabaya, Rabu (9/12/2020). Ini agar pasien Covid-19 yang tengah dalam perawatan bisa tetap menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 2020.

Menanggapi hal itu, Laksma Dr dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara Kepala Rumah Sakit Darurat Lapangan
mengatakan, pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan para petugas KPPS.

Para petugas pemungutan suara dibekali APD level 3. Sementara pasien atau pemilih juga dibekali sarung tangan steril yang digunakan sekali pakai.

“Kami siapkan semuanya kebutuhannya. Di mana nanti mereka untuk melakukan pemilihan, kita kasih tempat untuk melakukan pemilihan,” kata dia.

Sementara itu dari pantauan suarasurabaya.net di lokasi, petugas yang akan masuk ke tempat pemungutan suara dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya. Kemudian, diarahkan untuk mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

Mereka dibantu tenaga kesehatan yang ada di sana. Misalnya saat menggunakan baju hazmat dan mengarahkan bagaimana cara melepaskannya.

Agus Harianto SpB, koodinator pelayanan medik di RS Lapangan mengatakan, ada prosedur yang harus diikuti terutama saat melepaskan baju hazmat. Sehingga tenaga kesehatan akan turut membantu petugas KPPS.

Sementara itu, Febryan Kiswanto Ketua PPK Krembangan mengatakan ada sekitar 73 pasien di RS lapangan yang masuk dalam DPT dan sudah mengurus form A5. Petugas KPPS yang bertugas di RS Lapangan, dilengkapi dengan APD lengkap.

Dalam kegiatan pemungutan suara nantinya, petugas akan dibantu dengan tenaga kesehatan di sana agar tidak berkontak langsung dengan pasien Covid-19.

“Untuk pemilih khusus seperti di tahanan dan RS lapangan, kami sudah berkoordinasi lebih untuk memastikan bahwa kami dari penyelanggara semua tetap menerapkan prokes. Sehingga hak pilih tetap tersampaikan, tapi juga selamat dan sehat,” ujarnya.

Selain RS lapangan, kegiatan jemput bola ini juga dilakukan di rumah sakit lainnya seperti RS Soetomo, dengan mekanisme yang memerhatikan protokol kesehatan ketat. (ang/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 22 Mei 2022
26o
Kurs