Kamis, 18 April 2024

Puluhan Tahanan Polrestabes Surabaya Gunakan Hak Pilih pada Pilkada 2020

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Pemungutan surat suara Pilkada 2020 di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (9/12/2020). Foto: Anton suarasurabaya.net

Pemungutan surat suara untuk layanan jemput bola juga berlangsung di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (9/12/2020). Ini membantu para tahanan yang sedang menjalani hukuman untuk tetap ikut berpartisipasi dalam Pilkada Surabaya 2020.

Febryan Kiswanto Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Krembangan mengatakan, kegiatan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pemungutan suara di rutan seperti pilkada sebelumnya. Hanya saja, pelaksanaan kali ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dari data petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Krembangan, ada 60 tahanan yang ikut dalam pemungutan surat suara ini. Mereka terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan sudah mengurus form A5 atau pindah pilih.

Dalam pelaksanaannya, pemungutan surat suara berlangsung di Gedung Anindita Polrestabes Surabaya. Semua petugas menggunakan masker, dan sebelum memasuki ruangan dicek suhu tubuhnya dan diharuskan mencuci tangan.

Pemilih atau para tahanan menggunakan sarung tangan plastik sekali pakai. Selain itu juga dipasang sekat plastik agar tidak berkontak langsung antara petugas dengan pemilih.

Tidak hanya di Mapolrestabes Surabaya, pemungutan surat suara untuk para tahanan juga berlangsung di beberapa rutan dan lapas di Jatim. Seperti di Lapas Sidoarjo tadi juga berlangsung kegiatan yang sama. Sedikitnya ada 500an Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau napi yang berpartisipasi. (ang/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs