Selasa, 16 April 2024

Satgas Covid-19 DPR Tinjau Protokol New Normal ke Kemenkes

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sejumlah anggota Satuan Tugas Lawan Covid-19 DPR RI meninjau aturan dan protokol new normal di Kementerian Kesehatan, Rabu (27/5/2020). Foto: Istimewa

Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 DPR RI meninjau persiapan protokol-protokol yang akan digunakan untuk menghadapi new normal atau tatanan normal baru ke Kantor Kementerian Kesehatan RI, Rabu (27/5/2020).

Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) memimpin rombongan. Satgas, kata dia, memprioritaskan bagaimana protokol new normal bisa dijalankan sesuai protokol Covid-19.

“Prioritas utama kami adalah bagaimana tatanan hidup baru dipenuhi dengan protokol Covid-19. Kami datang selain memberikan dukungan juga memastikan protokol new normal di semua sektor lebih dipersiapkan, sehingga sektor-sektor lainnya kemudian akan dipandu untuk membuat SOP dengan kebutuhan di tempat masing-masing,” kata Dasco usai pertemuan di Kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan.

Meski saat ini kurva pertambahan kasus masih terus meningkat, Dasco tetap menilai tatanan hidup baru tidak bisa terelakkan.

“Tatanan hidup baru ini tidak bisa meninggi lebih lama, karena biar bagaimana pun rakyat kita juga sedang susah. Upaya untuk menurunkan kurva dan menggerakan roda ekonomi itu harus saling berjalan, untuk protokol new normal harus diikuti semua sektor untuk menjamin tenaga kerja, anak sekolah, dan lain-lain,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan menegaskan bahwa peraturan-peraturan turunan dalam menghadapi tatanan normal baru sudah disiapkan.

Terlebih, kata dia, dengan adanya dukungan Satgas Lawan Covid-19 DPR RI yang menyatakan dukungan dengan penjelasan lebih detail agar implementasinya bisa dikerjakan dengan baik.

“Peraturan-peraturan turunan sudah disiapkan, ini sudah disiapkan dan apalagi dengan kunjungan dari Satgas Lawan Covid-19 ini makin detail dan implementasinya makin bisa dikerjakan dengan baik. Yang paling dukungan dari DPR sangat membantu kami membuat protokol yang lebih detail,” katanya.

Mengenai waktu pelaksanaan dan terkait apakah nantinya daerah-daerah akan mengajukan izin new normal kepada Kemenkes, Terawan menjawab untuk tetap menunggu.

“Tunggu tanggal mainnya, semua disiapkan, protokol-protokolnya semua sudah disiapkan. Nanti arahan dari pemerintah akan muncul, kami akan terus berkonsultasi dengan Satgas DPR, mudah-mudahan semua bisa berjalan,” jelasnya.

Dibentuk pada awal April lalu, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI berkomitmen untuk bergotong-royong membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) hingga ke tiap-tiap daerah.

Dalam kesempatan itu, Dasco menegaskan selain memberi masukan kepada pemerintah, Satgas juga melakukan peninjauan ke berbagai sektor untuk memastikan sejauh mana protokol kesehatan dibuat sesuai kebutuhan masing-masing sektor.

“Bukan hanya ke sektor kesehatan, pendidikan, dan usaha, tetapi kami juga akan meninjau aparat penegak hukum untuk mendiskusikan protokol kesehatan ini bisa dilaksanakan dan diawasi dengan baik. Karena protokol kesehatan ini sebenarnya dibuat untuk masyarakat, untuk rakyat kita. Nantinya kita lihat sama-sama dari pemangku kebijakan hasil evaluasi diputuskan kapan mulainya, tetapi sebelum kapan mulai kita harus disiapkan dulu protokolnya untuk keselamatan rakyat,” ujar Dasco.(faz/den/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs