Jumat, 29 Maret 2024

Sosiolog: Komunikasi Indonesia-AS Akan Lebih Baik di Era Biden

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris. Foto: AP

Kemenangan Joe Biden dalam Pilpres Amerika melengserkan tahta Donald Trump petahana membawa angin segar untuk Indonesia, terutama dalam hal komunikasi antar kedua negara. Analisis ini disampaikan oleh Dr. Agus Machfud Fauzi Msi, Sosiolog Politik Universitas Negeri Surabaya Unesa saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Minggu (8/11/2020).

“Pasti Indonesia akan berubah terkait dengan prosesnya. Indonesia akan lebih baik komunikasinya dibanding kepemimpinan Trump. Waktu Trump memimpin Amerika terkenal dengan kebijakan kontroversialnya. Biden kelihatannya bisa melanjutkan apa yang bisa dilakukan Obama dengan sebelumnya,” kata Agus.

Agus menilai proses Pilpres di Indonesia lebih baik daripada Pilpres Amerika 2020. Menurutnya, Amerika perlu belajar dari Indonesia terkait bagaimana seorang pemimpin bisa ‘legowo‘ menerima keputusan. Hal ini berkaca dari rencana Trump yang bersumpah akan menggugat dan melawan.

Sedangkan terkait kebijakan-kebijakan kontroversial era Trump, diprediksi tidak akan terjadi di bawah kepemimpinan Joe Biden-Kamala Harris kelak. Mereka berdua akan mengoreksi kebijakan kontroversial yang dilakukan Trump dan melakukanya secara aspiratif. (dfn/tin)

Berita Terkait

Joe Biden Menang Pilpres AS


Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs