Jumat, 7 Oktober 2022

Sumpah Pemuda, Muhdlor Ali Kenalkan Program untuk Anak Muda Sidoarjo

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali atau biasa dikenal Gus Muhdlor Calon Bupati Sidoarjo 2020. Foto: Istimewa

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) Calon Bupati Sidoarjo mengenalkan berbagai program untuk mengoptimalkan potensi anak muda Sidoarjo.

Program-program itu di antaranya pemberian 10 ribu beasiswa kuliah untuk anak muda berprestasi dan atau kurang mampu di Sidoarjo serta pembangunan Sidoarjo Youth Center sebagai wadah berekspresi dan menggali potensi kreatif anak muda Sidoarjo.

“Peringatan hari Sumpah Pemuda jadi momen kebangkitan anak muda Sidoarjo untuk menghadirkan kebaikan di berbagai bidang. Karenanya kami berkomitmen mendorong potensi mereka lewat berbagai program seperti beasiswa kuliah dan Sidaorjo Youth Center,” katanya, Rabu (28/10/2020).

Calon bupati berusia paling muda di Pilkada 2020 itu mengatakan, dia akan menyiapkan dua skema penyaluran 10 ribu beasiswa kuliah yang akan dia gencarkan begitu terpilih menjadi Bupati Sidoarjo periode berikutnya.

Skema pertama dengan bekerja sama secara resmi dengan Lembaga Pendidikan Tinggi di Sidoarjo maupun di luar Sidoarjo. Nanti, seluruh biaya kuliah dan biaya hidup penerima beasiswa ditanggung pemerintah daerah.

“Dengan skema ini, semua aspek biaya perkuliahan akan ditanggung Pemkab, mulai pendaftaran sampai lulus. Selain biaya perkuliahan, penerima beasiswa juga mendapat uang saku per bulan sampai lulus kuliah,” kata Direktur Pendidikan Yayasan Pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo itu.

Skema kedua yang dia siapkan adalah jalur prestasi. Anak muda Sidoarjo yang berkuliah di berbagai perguruan tinggi baik di wilayah Sidoarjo maupun luar Sidoarjo bisa mendapat beasiswa meskipun kampusnya tidak menjalin kerja sama resmi dengan Pemkab.

Pada skema kedua ini dana kuliah diberikan secara total dalam satu masa kuliah. Nantinya akan ada tim khusus yang mengkalkulasi kebutuhan biaya tiap penerima beasiswa yang bisa berbeda-beda jumlahnya.

“Pada skema kedua ini, mahasiswa yang ber-KTP Sidoarjo bisa mengajukan beasiswa. Jadi kampusnya bebas, bisa di mana pun, meski kampus itu tidak bekerja sama dengan Pemkab,” kata alumnus Universitas Airlangga Surabaya itu.

Untuk menjaring mahasiswa yang sesuai kriteria penerima beasiswa Gus Muhdlor siap jemput bola lewat dinas terkait dan pemerintah desa yang akan dia minta aktif mendata calon mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa.

Selain memberikan beasiswa, program lain Pasangan Calon nomor urut 2 ini adalah pembangunan Sidoarjo Youth Center, sebuah pusat pengembangan kreatifitas untuk anak-anak muda Sidoarjo.

Akan dia bangun infrastruktur pendukung agar anak-anak muda kreatif bisa berkarya lebih baik. Misalnya laboratorium film, animasi, dan studio fotografi. Juga bioskop mini, studio musik, pusat desain dan fashion, amphitheater pertunjukan seni, dan lain-lain.

Putra KH. Agoes Ali Masyhuri Pengasuh Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat yang berpasangan dengan Subandi itu juga akan menyediakan co-working space sebagai tempat bagi anak muda Sidoarjo bertemu dan berkarya menyalurkan talenta.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Jumat, 7 Oktober 2022
32o
Kurs