Selasa, 4 Oktober 2022

Survei Poltracking Indonesia: Machfud Arifin Ungguli Eri Cahyadi

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Machfud Arifin calon Wali Kota Surabaya. Foto: Tim Grafis suarasurabaya.net

Poltracking Indonesia merilis hasil survei terkait Pilkada 2020 di Kota Surabaya. Hasilnya, elektabilitas pasangan Machfud Arifin–Mujiaman Sukirno (51,7 persen) atau unggul dari pasangan Eri Cahyadi–Armuji (34,1 persen).

Berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net, survei digelar pada 19-23 Oktober 2020 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.200 responden dengan margin of error +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Klaster survei ini menjangkau 31 kecamatan di seluruh Kota Surabaya secara proporsional, berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir. Sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih.

Dari hasil survei ini, sebanyak 5 persen masyarakat merahasiakan pilihannya. Sedangkan 9,2 persen persen belum menentukan pilihannya di Pilwali Surabaya 2020.

Survei ini juga menemukan bahwa dalam pertanyaan kandidat tunggal Wali Kota (tidak berpasangan), Machfud Arifin (51,9 persen) lebih unggul dari Eri Cahyadi (34,3 persen), dengan pemilih merahasiakan jawaban (6,0 persen) dan undecided voters (7,8 persen).

“Pun demikian dengan elektabilitas kandidat tunggal Wakil Wali Kota, tingkat elektabilitas Mujiaman (47,5 persen), lebih unggul dari Armuji (30,7 persen). Dengan pemilih merahasiakan jawaban (10,4 persen) dan undecided voters atau belum menentukan pilihan (11,4 persen),” kata Masduri Peneliti Poltracking Indonesia, Senin (2/11/2020).

Masduri menambahkan, keunggulan Machfud-Mujiaman atas Eri-Armuji karena solidnya pemilih parpol dalam Pileg 2019 lalu untuk memilih calon yang diusung partai pilihannya.

“Dalam survei ini menunjukkan konsistensi peta persebaran suara pemilih berdasarkan basis politiknya. Machfud-Mujiaman yang diusung oleh banyak partai memiliki soliditas pemilih yang tinggi. Terlihat mayoritas pemilih partai pengusung (PKB, Gerindra, Demokrat, Golkar, PKS, NasDem, PAN dan PPP) terlihat solid memilih Machfud-Mujiaman,” kata dia.

“Pemilih PDIP yang notabene partai pengusung utama dan PSI yang merupakan partai pendukung pasangan Eri-Armuji juga terlihat solid dengan memilih Eri Cahyadi-Armuji,” tambahnya. (ang/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Selasa, 4 Oktober 2022
27o
Kurs