Kamis, 16 Mei 2024

Tegaskan 2024 Kader Muda Yang Maju, Mega: Yang Tua Goodbye!

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) saat di kantor pusat partai Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengingatkan anggota partainya yang berusia tua untuk tidak lagi memaksakan diri maju di kontestasi politik seperti Pilkada 2020. Apalagi kalau ternyata itu dipaksakan demi sebuah dinasti politik diri sendiri.

Menurut Megawati, akan ada perubahan besar yang terjadi pada tahun 2024. Karena saat itu merupakan saat regenerasi.

“Benar, kita-kita ini yang sudah tua, sudah fading away atau goodbye. Yang mesti maju itu, yang didorong itu, harus anak-anak muda,” ujar Megawati dalam arahannya di hadapan para calon kepala daerah yang diusung partainya, di kantor pusat partai Jalan Diponegoro Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020).

Namun, Megawati juga. Mengingatkan kalau mengusung anak muda bukan berarti mengusung anaknya sendiri. Apabila sang anak memang tidak punya kemampuan, sebaiknya tidak dipaksakan untuk diusung oleh partai.

“Jengkel loh saya. Lah, iya loh, ngapain sih kayak enggak ada orang. Kader partai itu ya anak kalian juga loh. Gimana ya, kalau enggak anaknya sendiri, kalau enggak istrinya sendiri. Kalau enggak, ponakannya,” kata Megawati.

Megawati menyadari bila dirinya bicara demikian, maka akan dianggap tidak berkaca karena keberadaan Puan Maharani, putrinya yang kini menjadi Ketua DPR. Namun Megawati berani mempertanggungjawabkannya. Sebab Puan mencapai posisi itu bukan karena diminta atau dipaksakan oleh Megawati. Namun atas kerja keras Puan sendiri.

“Ada orang yang ngomong Mbak Puan jadi ketua DPR, itu saya yang angkat-angkat. Lah, mana mungkin. Memang karena suaranya Puan di pemilu gedhe. Enggak ada yang bisa nahan,” ujar Megawati.

Menurut Megawati, kalau prinsip ini tidak dijalankan, maka PDIP hanya akan menjadi partai kumpulan keluarga. Jika ingin PDIP berkembang, maka harus dipastikan partai itu bukanlah kelompok-kelompok keluarga.

“Jadi, kan ini anaknya si ini, ini istrinya si itu, ini terakhir saya beri kesempatan seperti ini. Tapi 2024, saya berkehendak, semuanya itu anak-anak muda yang maju. Sudah, cukuplah. Jangan pula mencari-cari tempat,” tandas Megawati.(faz/tin)‎

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
31o
Kurs