Jumat, 29 Maret 2024

Komisi II DPR Apresiasi Layanan Publik Sidoarjo

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Saat para pemohon dokumen kependudukan mulai dilayani di mal pelayanan publik (MPP) jalan Lingkar Timur Sidoarjo, Kamis (25/3/2021). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Komisi II DPR RI mengapresiasi layanan publik satu pintu yang dibangun Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Semua layanan publik diintegrasikan dalam satu atap. Ini tren positif yang memudahkan masyarakat mengakses kebutuhan layanan publik yang mudah dan cepat.

Hal ini disampaikan Rifqinizami Karsayuda anggota Komisi II DPR RI usai mengunjungi Mall Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo, Jumat (28/5/2021), kemarin.

“Kita mengapresiasi Pemerintah kabupaten Sidoarjo karena mampu mengintegrasikan layanan publik yang menjadi kewenangannya maupun kewenangan lembaga vertikal yang ada di Kabupaten Sidoarjo dan institusi swasta,” ujar Rifqi dalam keterangannya, Sabtu (29/5/2021)

Menurut Rifqi, ini merupakan ikhtiar positif yang bisa dicontoh. Ke depan, MPP seperti ini harus didorong untuk meningkatkan infrastruktur teknologi informasinya dengan memberi layanan online. Apalagi, kabupaten ini sangat luas dengan populasi penduduk yang cukup banyak. Sentralisasi layanan yang ditempatkan di ibu kota kabupaten seperti MPP ini, kelak bisa diperluas hingga ke tingkat desa. Jadi, masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk mengakses layanan publik.

“Desentralisasi pelayanan publik satu pintu di kecamatan bahkan desa ke depan itu akan menjadi kebutuhan bagi Kabupaten Sidoarjo. Bupati tadi memiliki kesepahaman dengan kami saat meninjau ke lapangan. Bupati berjanji akan memasukkan ini dalam program prioritas,” kata dia.

Sementara di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, layanan publik memang sudah harus menggunakan sistem online.

“Tadi kita lihat beberapa layanan bisa online dan bisa dicetak di rumah masing-masing. Pemda akan memberikan barcode, misalnya pada beberapa layanan, sehingga tanpa dicetak pun dapat dilakukan. Saya kira salah satu hikmah pandemi ini adalah intervensi digital dalam layanan publik di Indonesia. Itu jadi ikhtiar kita bersama,” pungkas dia.(faz/frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs