Rabu, 24 April 2024

PAN Bergabung dalam Koalisi Pendukung Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden menerima kunjungan Zulkifli Hasan Ketua Umum PAN, Senin (14/10/2019), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: dok/Farid suarasurabaya.net

Partai politik pendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin bertambah dengan masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) dalam koalisi.

Bergabungnya PAN dalam koalisi pendukung pemerintah, ditandai dengan kehadiran Zulkifli Hasan Ketua Umum dan Eddy Soeparno Sekjen PAN, dalam pertemuan pimpinan parpol dengan Joko Widodo Presiden pada Rabu (25/8/2021) sore di Istana Kepresidenan Jakarta.

Johnny Gerard Plate Sekretaris Jenderal Partai NasDem mengatakan, PAN adalah sahabat baru dalam Koalisi Indonesia Maju.

Menurut Johnny, Presiden dan para pimpinan partai koalisi pendukung pemerintah berharap bergabungnya PAN memperkuat serta memperkaya gagasan dalam sisa masa kerja pemerintahan periode 2019-2024.

Johnny Plate menegaskan, dalam pertemuan itu tidak ada pembicaraan terkait rencana pergantian menteri (reshuffle) dalam Kabinet Indonesia Maju.

“Pak Zulkifli Hasan tadi menyampaikan terima kasih karena PAN diajak serta dalam rapat (koalisi), dan menyampaikan pandangannya. Tentu sebagai sahabat baru dalam koalisi, Pak Zulkifli menyampaikan pandangannya, apalagi beliau mantan Ketua MPR RI, jadi kental dengan perspektif demokrasi musyawarah yang cocok untuk Indonesia,” ucapnya usai pertemuan, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

Lebih lanjut, Sekjen Partai NasDem menjelaskan, ada lima fokus pembicaraan dalam pertemuan Presiden dengan pimpinan parpol koalisi.

Antara lain, perkembangan dan evaluasi penanganan pandemi Covid-19, perekonomian nasional, strategi ekonomi dan bisnis, tentang ketatanegaraan, dan mengenai Ibu Kota Negara baru.

Selain Zulkifli Hasan dan Eddy Soeparno, dalam pertemuan tertutup itu ada Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto Sekjen, dan Olly Dondokambey Bendahara Umum PDI Perjuangan.

Kemudian, Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar dan Paulus Lodewijk Sekjen Golkar, Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra dan Ahmad Muzani Sekjen, Muhaimin Iskandar Ketua Umum PKB dan Hasanuddin Wahid Sekjen PKB.

Lalu, Surya Paloh Ketua Umum Partai NasDem dan Jhonny Plate Sekjen, Suharso Monoarfa Ketua Umum PPP dan Arwani Thomafi Sekjen PPP.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs