Rabu, 19 Januari 2022

Agus Widjojo Mantan Gubernur Lemhannas Jadi Duta Besar RI untuk Filipina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden melantik tiga orang Dubes LBBP RI untuk negara-negara sahabat, Kamis (12/1/2022), di Istana Negara, Jakarta. Foto: youtube Sekretariat Presiden

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Rabu (12/1/2022), melantik tiga orang Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk sejumlah negara sahabat, di Istana Negara, Jakarta.

Mereka yang menjadi duta besar adalah Sunarko sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sudan, berkedudukan di Khartoum.

Kemudian, Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo yang sebelumnya menjabat Gubernur Lemhannas sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, berkedudukan di Manila.

Lalu, Fientje Maritje Suebu sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue, berkedudukan di Wellington.

Pengangkatan para dubes itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Dalam upacara yang berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, Presiden mengambil sumpah para duta besar secara bersamaan, sesuai agama masing-masing.

Ketiga orang Dubes yang dilantik berjanji akan setia kepada NKRI, dan menjalankan perintah serta petunjuk dari pemerintah pusat.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Presiden diikuti para duta besar.

Menutup acara pelantikan, Presiden bersama Wakil Presiden dan sejumlah menteri memberikan ucapan selamat kepada para wakil Indonesia yang akan mengemban tugas negara di luar negeri.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 19 Januari 2022
25o
Kurs