Sabtu, 18 Mei 2024

DPR Dukung Program Pembangunan Long Storage Kalimati di Sidoarjo

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Long storage Kalimati Sidoarjo. Foto: Antara

Komisi V DPR RI mendukung program pembangunan Long Storage Kalimati di Sidoarjo, Jawa Timur. Sigit Sosiantomo Anggota Komisi V DPR RI menyampaikan itu dalam keterangannya, Selasa (22/2/2022).

Menurut Sigit, keberadaan Long Storage Kalimati sangat penting dalam menunjang terpenuhinya air baku bagi warga Sidoarjo dan Mojokerto.

Sejak Long Storage mulai dibangun tahun 2017 lalu, Sigit melihat akan adanya pertumbuhan ekonomi baru di Sidoarjo ke depan. Hal ini sekaligus mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Sidoarjo.

“Ini merupakan peluang besar, yang sekaligus bisa menjadi PAD baru bagi daerah. Jadi program-program seperti yang diinisiasi teman-teman Kementerian PUPR, seperti sumber daya air, ternyata berdampak langsung dan signifikan. Kami tinggal diskusikan, aturan-aturan seperti apa yang dapat dibuat nantinya,” ujar Sigit.

Kata Sigit, adanya Long Storage Kalimati, sebenarnya bisa dimanfaatkan tidak hanya sebagai tempat pengolahan air baku saja. Tetapi, bisa juga digunakan sebagai tempat rekreasi masyarakat.

“Kanan kirinya kan bisa dibuat sebagai tempat olah raga lari (jogging track). Belum lagi bisa ditambah jembatan gantung, kan bisa jadi tempat tujuan wisata,” jelas Sigit.

Sebelumnya, Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI mengunjungi Long Storage, yang terletak di Desa Kalimati, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Senin (21/2/2022).

Dalam peninjauan tersebut, Komisi V mengapresiasi adanya wadah, serta sarana baru yang dapat berpotensi dan bermanfaat ke depannya bagi masyarakat sekitar.

“Saya ingin apresiasi proyek ini, di mana proyek ini sebetulnya sudah lama dikerjakan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Kita bisa lihat adanya manfaat, peluang dan potensi kedepannya, yaitu sebagai wadah penyediaan air baku, di antaranya bisa untuk olahraga, wisata dan sebagainya,” ujar Sigit di sela-sela peninjauan Komisi V DPR RI di Desa Kalimati, Sidoarjo, Jatim.

Kedatangan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI disambut baik oleh Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo, dan Jarot Widyoko Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR beserta jajaran.

Melihat antusias yang luar biasa, Sigit yang merupakan legislator dapil Jatim I akan terus mendukung dan memantau hingga proyek ini selesai.

“Walaupun (proyek) belum 100 persen rampung, kita berharap akan lebih baik lagi ke depannya. Saya sekali lagi terima kasih, baik kepada Pak Dirjen maupun Pak Bupati, karena telah bekerjasama membersihkan dan merawat lahan ini. Saya kira kalau kabupaten kolaborasi dengan kementerian hasilnya ini bagus sekali,” kata Sigit.(faz/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs