Selasa, 19 Maret 2024

Gerindra dan PKB Buka Peluang Partai Lain Gabung Koalisi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Prabowo Subianto Ketua Umum Gerindra dan Muhaimin Iskandar Ketua Umum PKB menunjukkan piagam kerja sama atau koalisi di SICC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Foto: istimewa

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka peluang bagi partai lain untuk bergabung atau koalisi.

Hal ini tertuang dalam piagam kerja sama atau koalisi antara Gerindra dan PKB yang ditandatangani Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

“Pada Pemilu tahun 2024 dan dapat membuka koalisi dengan partai politik lain atas persetujuan kedua belah pihak,” ujar Sufmi Dasco Ahmad Ketua Harian DPP Partai Gerindra, saat membacakan piagam deklarasi koalisi.

Selain membuka partai lain untuk koalisi, Piagam tersebut juga menyepakati bahwa bergabungnya Gerindra-PKB ini untuk mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Sebelumnya, Muhaimin mengucap syukur karena Gerindra dan PKB dipertemukan dalam acara yang sangat monumental untuk satu tujuan.

“Alhamdulillah, hari ini kita semua diberi kesempatan kesehatan dan kekuatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala sehingga bisa bertemu bersama-sama dalam sebuah acara yang sangat monumental dan penuh sejarah. Hari ini kita semua bersyukur berbahagia dan bangga, dua partai telah dipertemukan PKB dan Gerindra untuk satu tujuan menuju terwujudnya Indonesia yang adil makmur dan sejahtera,” ujar Muhaimin dalam pidatonya di depan kader Gerindra maupun PKB.

Kata dia, PKB dan Gerindra merupakan dua kekuatan partai politik yang memiliki karakter ideologi dan semangat yang sama.
Gerindra adalah partai nasionalis agamis, dan PKB adalah partai agamis nasionalis.

“Kesamaan ideologi, gagasan, cita-cita inilah yang merekatkan dan mendorong kita bertemu hari ini dan bersama-sama untuk bertekad hari ini dan hari-hari yang akan datang. Insya Allah kita berdua siap mengatasi seluruh persoalan-persoalan bangsa,” kata Muhaimin.

“Tekad dan kebersamaan ini juga tertuang di dalam tekad dan semangat kita dengan dimulainya pemilu dan tahapan-tahapannya. Insya Allah 2024 kita akan rebut kekuasaan untuk kemakmuran dan kesejahteraan Indonesia kekuasaan,” imbuhnya.

Menurut Muhaimin, kerjasama yang telah ditandatangani hari ini adalah komitmen, tekad, kerja dan rencana bersama membawa kemaslahatan bagi rakyat dan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Pak Prabowo beserta jajaran pernah berkunjung ke kantor PKB. Kehadiran Pak Prabowo waktu itu videonya cukup viral di seluruh tanah air, salah satunya adalah pernyataan Pak Prabowo bahwa PKB dibutuhkan dan sangat relevan untuk mengatasi persoalan dan kemaslahatan bangsa. Hari ini kita dipertemukan dan pernyataan Pak Prabowo itu saya jawab Gerindra adalah kekuatan merah putih yang layak kita harapkan mengatasi keadaan masyarakat bangsa dan negara,” tegas Muhaimin.

Sementara, Prabowo Subianto Ketua Umum Gerindra mengaku kalau sejak dulu partainya ingin berkoalisi dengan PKB. Dia menilai, PKB adalah partai terbuka yang bisa merangkul semua kalangan.

“Hari ini PKB pun punya anggota agama Budha keturunan Tionghoa, artinya PKB adalah partai terbuka partai yang merangkul semua. Jadi jangan heran kalau Gerindra cocok sama PKB,” ucap Prabowo.

“Gus (Muhaimin), kita dari dulu pengin sama antum. Tapi tidak ada kata terlambat, Walaupun dulu kita belum sekompak ini tapi dari dulu kita selalu dekat di hati,” imbuhnya.

Prabowo mengucapkan terima kasih kepada PKB, khususnya Muhaimin Iskandar karena merupakan partai pertama yang mengajak Gerindra untuk berkoalisi.

“Kalian yang pertama mengajak kerjasama dengan Gerindra. Ada yang mengatakan terlalu cepat, dan kadang-kadang yang pertama itu penuh risiko. Berarti pimpinan kalian dan jajaran pimpinan mereka adalah orang-orang yang berani. Mereka adalah orang-orang berani mengambil keputusan. Untuk itu, saya terima kasih. Atas nama keluarga besar Gerakan Indonesia Raya, saya nyatakan terima kasih atas kepercayaan PKB,” pungkas Prabowo.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
32o
Kurs