Selasa, 5 Juli 2022

Harkitnas ke-114, Ketua DPR Kobarkan Semangat Gotong Royong untuk Bangkit dari Pandemi Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Puan Maharani Ketua DPR RI mengajak seluruh elemen masyarakat mengobarkan semangat gotong royong pada momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 yang diperingati hari ini, Jumat (20/5/2022).

Legislator dari PDI Perjuangan itu optimistis, dengan kerja sama seluruh elemen bangsa, Indonesia bisa segera bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

“Mari kita bersama meresapi makna Hari Kebangkitan Nasional dengan terus memperkokoh semangat gotong royong dalam membangun bangsa dan negara,” ujarnya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Lebih lanjut, dia menanggapi tema peringatan Harkitnas ke-144 tahun 2022 “Ayo Bangkit Bersama”.

Menurutnya, kerja bersama menghadapi pandemi Covid-19 sudah memperlihatkan hasil yang baik, dan Indonesia bersiap memasuki fase endemi.

“Peringatan Harkitnas harus menjadi momentum buat masyarakat Indonesia segera bangkit dari Covid-19,” tegasnya.

Cucu Bumg Karno Proklamator itu juga mengajak masyarakat bersyukur karena situasi pandemi Covid-19 sudah jauh lebih baik dibandingkan dua tahun lalu.

“Sejak pandemi Covid-19 melanda, seluruh rakyat Indonesia menjalani kehidupan dalam kondisi yang penuh keprihatinan,” katanya.

Ganasnya Virus Corona banyak merenggut orang-orang terdekat. Selain itu, tidak sedikit masyarakat yang kehilangan mata pencaharian dan penghasilan selama pandemi Covid-19.

“Pembatasan mobilitas masyarakat juga berdampak pada kesehatan mental sebagian masyarakat. Desakan kebutuhan hidup di tengah himpitan situasi ekonomi yang belum membaik, tak jarang menimbulkan konflik dan kekerasan di dalam keluarga,” imbuhnya.

Ketua DPR periode 2019-2024 mengeklaim, perekonomian nasional selama ini bisa bertahan karena kebijakan pemerintah yang didukung penuh DPR RI dengan mengalokasikan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional.

Anggaran tersebut bukan cuma untuk kalangan pelaku usaha, tapi juga difokuskan sebagai jaring pengaman sosial masyarakat yang terdampak langsung.

Pada peringatan Harkitnas, Ketua DPR RI ini pun mengajak seluruh putra-putri bangsa untuk selalu merawat semangat persatuan seperti yang digagas perkumpulan Boedi Oetomo.

Dia menilai, semangat persatuan mutlak diperlukan untuk mewujudkan Indonesia maju yang dicita-citakan para pendiri bangsa.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
30o
Kurs