Kamis, 28 Maret 2024

Ketua Fraksi PKS: Hari Pahlawan Momentum Kobarkan Semangat Persatuan dan Kepedulian Rakyat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS DPR RI. Kamis (24/2//2022). Foto: Farid Kusuma

Jazuli Juwaini Ketua Fraksi PKS DPR RI mengucapkan selamat Hari Pahlawan 10 November 2022. Menurutnya, Hari Pahlawan harus menjadi momentum untuk menumbuhkan semangat persatuan dan kepedulian terhadap nasib rakyat.

“Indonesia merdeka karena persatuan. Sebaliknya, penjajah terus merongrong persatuan dengan memecah belah dan melemahkan ikatan diantara anak bangsa. Eksperimentasi itulah yang dipraktekkan para penjajah hingga mampu bertahan puluhan bahkan ratusan tahun di Indonesia,” ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Setiap komponen bangsa yang betul-betul cinta dengan kemerdekaan, cinta kepada pahlawan, lanjut Jazuli, wajib menjaga persatuan. Jangan mengoyak persatuan dengan berbagai narasi, sikap, dan tindakan yang memecah belah. 

“Tugas para pemimpin untuk menjaga harmoni di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, seluruh komponen bangsa merasa nyaman, tidak saling curiga, tidak merasa didiskriminsi dan diperlakukan tidak adil. Kalau cara itu dihadirkan secara konsisten, tentu dapat mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa,” imbuhnya.

Anggota Komisi I DPR itu melanjutkan,  kepahlawanan adalah tentang kepedulian terhadap nasib rakyat.

“Tujuan utama Negara Indonesia merdeka adalah menyejahterakan rakyat. Begitu amanat pembukaan UUD NRI 1945. Maka, menjadi pahlawan di era sekarang adalah dengan menunjukkan kepedulian dan keberpihakan kepada kepentingan rakyat,” tegasnya. 

Jazuli bilang, Fraksi PKS terus mendorong dan berusaha memberi teladan agar seluruh elemen bangsa menjadi bagian yang peduli, melayani, menolong, meringankan beban dan membangkitkan semangat sesama anak bangsa yang kesulitan, hidup dalam kemiskinan, atau pra sejahtera. 

“Kepedulian itulah yang membangun Indonesia sekaligus menyampaikan kita pada tujuan bernegara yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa. Sehingga, rakyat merasakan makna adil dan sejahtera secara nyata dalam bingkai NKRI yang kita cintai bersama,” pungkasnya.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs