Kamis, 2 Mei 2024

Pemda Perlu Segera Mencocokkan Data Pemilih dengan DPT KPU

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ahmad Doli Kurnia Ketua Komisi II DPR RI saat berada di gedung Parlemen Senayan, Jakarta. Foto: dok. Faiz suarasurabaya.net

Ahmad Doli Kurnia Tandjung Ketua Komisi II DPR RI menjelaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) perlu segera melakukan pencocokan data dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dimiliki oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kata Doli, perlu segera dilakukan karena sejauh ini, kesadaran masyarakat untuk masalah administrasi jelang Pemilu masih rendah. Menurut Doli, hal ini akan berpengaruh terhadap ketidakakuratan DPT.

“Sebagai contoh, misalnya ada anggota keluarga yang meninggal, belum tentu keluarganya memiliki kesadaran melaporkan kepada aparat pemerintah, baik itu ke desa maupun ke kelurahan,” ujar Doli dalam keterangannya, Rabu (13/7/2022) terkait persiapan Pemilu Tahun 2024, terutama soal pemutakhiran data pemilih.

Untuk itu, Dia menyarankan agar setiap Pemda melakukan sinergi dengan KPU menyangkut DPT ini. Selain itu, lanjut Doli, perlu secepatnya dilakukan sosialisasi ke masyarakat soal pentingnya pemutakhiran data kependudukan.

“Perlu ada terobosan yang lebih proaktif, di antaranya sinergi antara penyelenggara pemilu atau KPU, dan pemerintah daerah harus terbuka. Kemudian juga harus aktif jemput bola serta sosialisasi lagi ke masyarakat agar lebih sadar tentang administrasi kependudukan,” pungkas dia.(faz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs