Kamis, 7 Juli 2022

Pengamat: Jokowi Dukung Capres yang Berkomitmen Melanjutkan Program Pembangunan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menerima tanah dan air dari Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta dalam acara Kendi Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (14/3/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Emrus Sihombing Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) mengatakan, presiden periode mendatang harus punya komitmen melanjutkan dan menuntaskan program-program kerja pemerintahan Joko Widodo.

Di antaranya, menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara, pembangunan infrastruktur jalan tol, bendungan, bandara, dan sebagainya.

Menurut Emrus, berbagai program pembangunan yang sudah mulai dilaksanakan Jokowi dari periode pertama, memberikan dampak buat pertumbuhan ekonomi nasional.

Dari sekian banyak nama, salah seorang yang disebut berpeluang melanjutkan program pembangunan adalah Puan Maharani Ketua DPR RI.

“Puan dan Jokowi berasal dari partai politik yang sama (PDI Perjuangan). Tentu sebagai kader separtai, Jokowi dan Puan memiliki kesamaan ideologi,” ujarnya di Jakarta, Minggu (22/5/2022).

Di tempat terpisah, Arif Nurul Imam Direktur IndoStrategi Research and Consulting menilai, Jokowi masih punya pengaruh dan kekuatan untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024.

Dari nama-nama bakal calon presiden yang muncul seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, dan Sandiaga Uno, yang potensial dapat dukungan Jokowi adalah Prabowo dan Ganjar.

Sementara, figur lain seperti Puan Maharani, Airlangga Hartarto, dan Sandiaga Uno, elektabilitasnya ada di tingkatan calon wakil presiden.

“Kalau dari sinyal-sinyal politik kemungkinan arah (dukungan Jokowi) ke Prabowo atau Ganjar. Tapi memang hal itu masih tentatif,” ucapnya.

Senada dengan Emrus, Arif bilang pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan mendapat dukungan Jokowi dan sukarelawan harus memiliki komitmen melanjutkan program yang sudah berjalan.(rid)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 7 Juli 2022
27o
Kurs