Sabtu, 27 April 2024

PKS Bagikan Dua Juta Paket Ramadan untuk Masyarakat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Salim Segaf Al-Jufri Ketua Majelis Syura PKS. Foto: Farid Kusuma suarasurabaya.net

Salim Segaf Al-Jufri Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), hari ini, Rabu (27/4/2022), menggelar Buka Puasa Bersama sekaligus Aksi Solidaritas Sosial PKS buat masyarakat kurang mampu, di kawasan Jakarta Selatan.

Acara sosial itu serentak dilakukan struktur PKS di seluruh Indonesia selama bulan Ramadan, dalam rangka pelaksanaan Gerakan Nasional Berbagi Dua Juta Paket Ramadan.

“Program Gernas Berbagi Dua Juta Paket Ramadan yang digagas PKS bertujuan membantu masyarakat menjalani Bulan Suci Ramadan dan menyambut Hari Raya Idulfitri. Ini merupakan komitmen, ikhtiar, dan kolaborasi PKS sebagai bagian dari komponen masyarakat untuk hadir menyelesaikan permasalahan di tengah melonjaknya harga kebutuhan pokok dan beban rakyat, sekaligus upaya PKS umewujudkan solidaritas sosial nasional Bangsa Indonesia,” ujar Salim dalam sambutannya.

Menurut Salim, kondisi penyebaran Covid-19 yang sudah berlangsung dua tahun terakhir membuat angka kemiskinan dan pengangguran meningkat.

“Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin di Indonesia per September 2021 mencapai 26,50 juta orang atau 9,71 persen. Sedangkan jumlah pengangguran di Indonesia per Agustus 2021 mencapai 9,10 juta penduduk atau 6,49 persen,” paparnya.

Menteri Sosial periode 2009-2014 itu menambahkan, kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok seperti minyak goreng, bahan bakar minyak, dan kenaikan tarif PPN menjadi 11 persen per 1 April, menyebabkan tekanan terhadap daya beli masyarakat.

“Hasil survei Litbang Kompas terkini menunjukkan sebanyak 66,3 persen menganggap Pemerintah tidak mampu mengendalikan kenaikan harga bahan pokok di bulan puasa. Jajak pendapat yang digelar Litbang Kompas tersebut juga menunjukkan mayoritas responden mengalami kesulitan membeli kebutuhan pokok pada awal April 2022 lalu. Tujuh dari sepuluh responden mengaku kesulitan menjangkau bahan kebutuhan pokok,” imbuhnya.

Hal itu diperparah dengan kelangkaan stok serta naiknya harga minyak goreng sawit yang cukup signifikan dari akhir tahun 2021 sampai sekarang.

“Kondisi masyarakat sekarang ibarat sudah jatuh tertimpa tangga. Dua tahun berjuang untuk bisa bertahan dari ancaman PHK, pengurangan penghasilan, tutupnya usaha yang dijalankan akibat dampak pandemi. Sekarang, masyarakat dihadapkan kepada kondisi mulai meningkatnya harga-harga bahan kebutuhan pokok yang ditandai kenaikan harga minyak goreng dari bulan September 2021,” katanya.

Lebih lanjut, Salim Segaf menyinggung minimnya kesadaran krisis (sense of crisis) dan kesadaran kesigapan bertindak (sense of urgency) dari pemerintah. Sehingga, seolah-olah pemimpin tidak hadir menyelesaikan persoalan yang tengah dihadapi masyarakat.

“Memasuki pekan ketiga Bulan Suci Ramadan 1443 H, belum ada langkah-langkah yang fundamental dilakukan Pemerintah untuk mengamankan harga bahan kebutuhan pokok. Bahkan sebaliknya, pemerintah justru mengeluarkan kebijakan menaikkan beberapa harga bahan penting lainnya, seperti Pertamax, Tarif Tol, Gas Elpiji non subsidi dan rencana kenaikan Pertalite, Gas Elpiji tiga Kg, dan tarif listrik,” tegasnya.

Akibat kenaikan harga, sebagian besar harga barang kebutuhan pokok bergerak naik, mulai dari Ramadan sampai sekarang.

PKS, lanjut Salim, khawatir kenaikan harga bahan kebutuhan pokok terus terjadi sampai Hari Raya Idulfitri.

“Dengan Gernas Berbagi Dua Juta Paket Ramadan, kami pastikan masyarakat bisa tenang dan khidmat menjalankan ibadah puasa di akhir Bulan Suci Ramadan, serta merayakan Hari Raya Idulfitri dalam kondisi penuh suka cita dan kegembiraan,” harapnya.

Mantan Duta Besar RI Untuk Arab Saudi dan Kerajaan Oman (2005-2009) pun mengucapkan selamat mudik dan hati-hati di jalan, untuk seluruh masyarakat yang melakukan mudik lebaran.

Dia juga menitipkan salam hormat dan salam cinta dari keluarga besar PKS untuk keluarga pemudik di kampung halaman.

“Kalau saudara-saudara lelah di perjalanan, jangan lupa istirahat. Silakan mampir di Posko Mudik PKS. Insya Allah besok saya akan meresmikan dan melepas relawan layanan Posko Mudik PKS. Silakan nikmati pelayanan kami. Insyaallah kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk para pemudik,” pungkasnya.(rid/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs