Sabtu, 27 April 2024

Tanam Pohon di Bantaran Sungai, PDIP Surabaya Bersama Eri Cahyadi dan Armuji Doakan Megawati

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
aksi-tanam-pohon-peringati-hut-megawati Para pengurus DPC PDI Perjuangan Surabaya bersama Eri Cahyadi Wali Kota dan Armuji Wakil Wali Kota Surabaya saat menanam Pohon Mahoni dalam rangka HUT Megawati Ketum PDIP, Minggu (23/1/2022). Foto: Istimewa

DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya melakukan penanaman pohon bersama Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan Armuji Wakil Wali Kota Surabaya di sepanjang bantaran sungai di kawasan Gunung Sari Indah, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya, Minggu (23/1/2022).

Tampak hadir jajaran DPC PDIP Surabaya, Fraksi PDIP di DPRD Jatim, Fraksi PDIP di DPRD Surabaya, juga jajaran pengurus baik Ketua dan Sekretaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) serta para kader partai berlambang banteng itu.

Adi Sutarwijono Ketua DPC PDIP Surabaya mengatakan, program ini digelar dalam rangkaian ulang tahun ke-49 PDI Perjuangan pada 10 Januari 2022. Penanaman pohon hari ini juga berbarengan dengan hari ulang tahun ke-75 Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP, yang jatuh hari ini, Minggu 23 Januari.

“Hari ini kami tanam 150 Pohon Mahoni. Ini gerakan berkelanjutan. Sebelumnya kami juga intens menggelar penanaman pohon dan akan terus berlanjut. Ini adalah wujud nyata perintah Ibu Megawati, bahwa seluruh kader harus konsisten merawat Ibu Pertiwi, termasuk dengan terus menanam pohon,” kata Adi.

Adi mengajak ratusan kader yang hadir untuk mendoakan Megawati Soekarnoputri. “Semoga beliau selalu diberi kesehatan, umur panjang yang berkah, kesehatan dan kekuatan dalam membimbing kita semua untuk terus berjuang bagi rakyat,” ujarnya.

Doa bersama lantas dipimpin H. Syukur Amaluddin Wakil Ketua DPC PDIP Surabaya. Para kader khidmat dalam doa dan narasi Syukur yang mengajak mereka mengingat kembali perjuangan Megawati dalam melawan Orde Baru, di mana Surabaya menjadi kota penting dalam sejarah PDI dengan digelarnya KLB di Sukolilo pada 1993 silam.

eri-cahyadi-mencangkul
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat mencangkul tanah untuk menanam Pohon Mahoni bersama PDIP Surabaya, Minggu (23/1/2022). Foto: Istimewa

Adi menjelaskan, Pohon Mahoni (swietenia mahagoni) dipilih karena dikenal memiliki banyak manfaat dalam menjaga kualitas lingkungan. Pohon itu bisa mengurangi polusi udara hingga 47 persen-69 persen sekaligus bisa bertugas memperkuat daerah tangkapan air.

Daun-daun mahoni yang bertugas menyerap polutan udara kemudian juga melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar. Saat hujan tiba, tanah dan akar Mahoni juga akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air.

Adi menambahkan, penghijauan menjadi salah satu ciri yang melekat di Surabaya, sejak era dipimpin kader PDI Perjuangan, dimulai era Wali Kota Bambang DH, berlanjut ke Tri Rismaharini, Whisnu Sakti Buana, dan sekarang Eri Cahyadi Wali Kota dan Armuji Wakil Wali Kota.

“Surabaya telah bertransformasi menjadi kota hijau, yang penuh kesejukan, dengan indikator kualitas udara yang semakin membaik, membuat semua yang tinggal di dalamnya menjadi nyaman,” ujar Adi.

Sementara itu, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya bangga dengan berbagai aksi dan kerja nyata kader PDIP di Kota Pahlawan. Sebagai sesama kader PDIP, Eri merasakan gerak kebersamaan dalam menjawab berbagai tantangan di Surabaya.

“Soal bayi stunting, kemiskinan, pemberdayaan ekonomi, semuanya ayo kita hadapi dengan gotong royong. Saya ditugaskan PDI Perjuangan dengan dukungan rakyat untuk menjadi wali kota, maka tugas saya memfasilitasi semua warga untuk hidup yang lebih baik. Sesuai arahan Ibu Megawati bahwa kita harus terus bergerak membantu masyarakat,” kata Eri.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs