Jumat, 29 Maret 2024

Tiga Kesan Risma terhadap Sosok Megawati Soekarnoputri

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Para kader PDI Perjuangan menanam Mangrove di Pantai Telaga Waja, Badung, Minggu (23/1/2022). Foto: Istimewa

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan hari ini berulang tahun. Partai dan kadernya merayakannya dengan cara menanam Mangrove di Bali.

Tri Rismaharini atau Risma Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Kebudayaan mengatakan, ini menanam mangrove ini menjalankan satu di antara amanat Megawati untuk merawat bumi.

“Sehingga masyarakat bisa menikmati kenyamanan karena kondisi bumi ini terawat,” kata Risma di Pantai Telaga Waja, Badung, Minggu (23/1/2022).

Wanita yang duduk sebagai Menteri Sosial ini mengaku banyak belajar terhadap sosok Megawati. Bahkan, setiap ada kesempatan selalu berusaha menyempatkan untuk berdiskusi dengan putri sang proklamator Bung Karno itu.

Risma menyebut, setidaknya ada tiga hal yang bisa dipegang. Yang pertama soal konsistensi. “Apapun resikonya, jika sudah mengambil keputusan itu dipegang,” ungkap dia.

Yang kedua, lanjut dia, Megawati adalah sosok yang sangat detail. Pernah mengingatkan dirinya jika ingin bertolak ke Indonesia Timur untuk selalu mempersiapkan barang-barang keperluan untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Menurut Risma, mungkin ini hal sepele bagi sebagian orang, tapi menurutnya tidak.

“Pelajaran itu mengajarkan kepada saya, untuk saya selalu berbicara detail dalam setiap langkah. Tidak bisa kemudian, setelah misalkan ada kebijakan/policy, kenapa saya kemudian memantau penyaluran. Kalau saya memantau bansos, itu tidak bisa tanpa melakukan pengawasan, apakah itu benar-benar terealisasi ke bawah, itu benar-benar yang harus kita kontrol,” ungkap Risma.

Yang ketiga, adalah Megawati selalu berpesan untuk selalu menjaga persatuan kesatuan serta gotong-royong.

“Yang ketiga Ibu Ketua Umum selalu menekankan persatuan, kesatuan dan gotong royong itu yang utama. Saya pikir, saya selalu sampaikan ke seluruh staf dan warga,” ujar Risma.(faz/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs