Senin, 13 Mei 2024

131 Kiai Jatim Deklarasikan Dukungan ke Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Para Kiai Jatim yang mengatas namakan Komunitas Poro Kiai ( KOPI) dan Rejo Semut Ireng Deklrasi Dukung Prabowo-Gibran di Hotel Mojopahit, Surabaya, Senin (18/12/2023). Foto: Istimewa. Para Kiai Jatim yang mengatas namakan Komunitas Poro Kiai ( KOPI) dan Rejo Semut Ireng Deklrasi Dukung Prabowo-Gibran di Hotel Mojopahit, Surabaya, Senin (18/12/2023). Foto: Istimewa.

Sekitar 131 Kiai kampung Jawa Timur (Jatim) yang mengatasnamakan Komunitas Poro Kiai (Kopi) dan komunitas Rejo Semut Ireng mendeklarasikan dukungan ke Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 di Hotel Majapahit Surabaya, Senin (18/12/2023).

Pada deklarasi dukungan itu juga digelar rapat dan penyatuan visi untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 mendatang.

“Deklarasi hari ini dari para kiai di Jatim, ini berangkat dari dawuhnya Gus Dur yang menyatakan bahwa Pak Prabowo adalah orang yang paling ikhlas,” kata Mahrus Ali Ketua Komunitas Poro Kiai (Kopi) Jatim.

Kiai asal Pesantren Sabilul Muttaqien Pacet Mojokerto itu mengatakan, dukungan kepada Prabowo ini berdasarkan dawuh dari Abdurrahman Wahid alias Gus Dur mantan presiden Republik Indonesia.

“Gus Dur juga menyebut bahwa Prabowo akan menjadi Presiden Indonesia di hari tuanya. Maka atas dawuh itu kami satukan langkah kiai grassroot di Jatim untuk bersama-sama deklarasi mendukung Prabowo-Gibran,” imbuhnya.

Usai menggelar deklarasi, Mahrus Ali menuturkan pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dan menggerakkan roda Kopi di seluruh Jatim, agar langkah memenangkan Prabowo-Gibran bisa terwujud.

Bukan sembarangan. Karena dikatakan Mahrus bahwa komunitas Kopi ini memiliki banyak jaringan lembaga. Pasalnya untuk madrasah diniyah (Madin) saja di Jatim ada 32.612 yang tergabung dalam Kopi.

Kata Mahrus, jaringan ini yang akan dimanfaatkan untuk mendongkrak suara Prabowo-Gibran di Jatim.

“Kami memiliki harapan besar pada Pak Prabowo. Bahwa jika beliau menjadi presiden, madin dan juga pesantren yang ada di kampung-kampung yang selama ini masih kurang perhatian bisa mendapatkan perhatian lebih,” tegasnya

Ali Mahrus menyatakan, bahwa perkumpulan Rejo Semut Ireng dan Perkumpulan Poro Kyai adalah dua komunitas yang memiliki komitmen sama.

Sebagaimana informasi, bahwa Rejo Semut Ireng adalah salah satu perkumpulan yang selama ini telah mengawal Ir Joko Widodo.

Sedangkan KOPI, adalah perkumpulan para kiai alit yang ada di seluruh kabupaten kota se Jatim yang terdiri dari para pengasuh pondok pesantren, madrasah diniyah dan Taman Pendidikan Alquran.

“Dua perkumpulan ini bertemu karena kesamaan visi dalam rangka mendukung capres dan wapres Prabowo-Gibran. Bagi Rejo Semut Ireng, keberhasilan Presiden Jokowi harus diteruskan dalam rangka menyambut Indonesia emas 2045,” tuturnya.(wld/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
31o
Kurs