Senin, 6 Mei 2024

Prabowo Berkunjung ke Museum Peta di Kota Blitar

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prabowo Subianto Capres dari KIM berkunjung ke Museum PETA di Kota Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/12/2023). Foto: Istimewa

Prabowo Subianto calon presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Minggu (17/12/2023), berkunjung ke Museum Pembela Tanah Air (Peta), di Kota Blitar, Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo didampingi Tinton Soeprapto selaku selaku Ketua Yayasan Peta berkeliling untuk melihat-lihat diorama, relief, dan koleksi otentik berupa senjata, foto, dan memorabilia yang menggambarkan perjuangan pasukan Peta di bawah komando Shodanco Soeprijadi dalam melawan Jepang, 14 Februari 1945.

Selama berkeliling, Prabowo nampak mendengarkan uraian Tinton mengenai sejarah dan kondisi museum tersebut.

Prabowo juga mampir ke ruang kecil yang pernah dipakai oleh Shodanco Soeprijadi sebagai kamar tidur.

“Ini ruang tidurnya Soeprijadi,” kata Tinton.

Setelah itu, mereka mendatangi beberapa ruangan bekas markas Peta, yang kini dimanfaatkan sebagai ruang belajar bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Sekarang ini dipakai kantor atau jadi apa?” tanya Prabowo.

“Enggak, untuk anak sekolah, SMP,” jawab Tinton.

Area kompleks bekas markas Peta ini memiliki luas sekitar empat hektar dengan beberapa bangunan yang memiliki fungsinya masing-masing, antara lain asrama prajurit; dapur umum; gudang senjata; ruang komando; dan sejumlah menara pengintai.

Selain itu juga terdapat monumen Peta berupa tujuh patung tokoh yang diabadikan, karena berjasa dan ikut berjuang bersama melawan penjajah Jepang.

Para pahlawan itu adalah Shodancho Soeprijadi; Chudancho dr. Soeryo Ismail; Shodancho Soeparjono; Budancho Soedarmo; Shodancho Moeradi; Budancho Halir Mangkoe Dijaya; dan Budancho Soenanto.

“Di tempat ini, pada tanggal 14 Februari 1945 tepat pada jam 02.30 dini hari berdentumlah suara mortir yang pertama sebagai tanda dicetuskannya pemberontakan tentara Peta Blitar di bawah pimpinan Shodancho Soeprijadi melawan penjajah Jepang. Bersama dengan gerakan pasukan tersebut pada jam 04.00, dikibarkanlah Bendera Pusaka Merah Putih ditiang bendera lapangan apel tentara Peta yang terletak di seberang markas Daidan,” bunyi tulisan di prasasti monumen tersebut.

Kunjungan Prabowo itu merupakan rangkaian kegiatan kampanye di Kota Blitar yang diawali dengan berziarah ke makam Soekarno Presiden Pertama RI.

“Beliau proklamator, beliau pejuang, beliau pahlawan, jadi kita hormati pahlawan-pahlawan kita,” tegas Prabowo.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs