Minggu, 28 April 2024

Ahmad Dhani Maju Caleg DPR RI dari Dapil Jatim, Sasar Suara Gen Z dan Milenial

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ahmad Dhani Prasetyo Musikus Dewa 19 yang nyaleg DPR RI dapil Jatim I, Sabtu (23/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net Ahmad Dhani Prasetyo Musikus Dewa 19 yang nyaleg DPR RI dapil Jatim I, Sabtu (23/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ahmad Dhani Prasetyo, pemimpin band Dewa 19 resmi mengumumkan dirinya jadi calon legislatif (caleg) DPR RI daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur (Jatim) I Surabaya-Sidoarjo.

Itu diumumkan langsung lewat konferensi pers di Hedon Estate Dewa 19 Restography Ngagel Surabaya sekaligus jadi rumah pemenangannya, Sabtu (23/12/2023) sore.

“Salam sejahtera, nama saya Ahmad Dhani kalau ada yang belum kenal. Saya sangat apresiasi karena ini ada hubungannya dengan perkembangan Surabaya. Seperti yang teman-teman tahu saya sejak ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT), nama saya ada di situ, baru sempat hari ini saya jumpa pers positif ikut pencalegan di dapil 1 Surabaya-Sidoarjo. Sama persis ketika waktu jadi caleg dapil sama 2019,” ujar Dhani saat membuka sesi konferensi pers, Sabtu (23/12/2023).

Pencalegannya itu, juga diiringi penegasan, bukan kemauan diri sendiri melainkan perintah Partai Gerindra.

“Di pileg (pemilihan legislatif) 2024 ini saya ikut meramaikan bursa yang perlu saya beritakan, saya diperintahkan oleh DPP untuk jadi caleg di Surabaya. Jadi bukan saya pengin nyaleg di Surabaya, karena saya sudah tergabung dalam Partai Gerindra sejak 2016 jadi layak disebut petugas partai, jadi ditugasi partai nyaleg di Surabaya. Untuk Jadi petugas rakyat nantinya. Sementara ini ditugaskan partai nyaleg di Surabaya dan Sidoarjo. Kenapa Surabaya dan Sidoarjo, itu keputusan DPP Gerindra,” terangnya lagi.

Pendiri Dewa 19 itu menegaskan, tak ada keinginan nyaleg karena sudah berkomitmen tidak akan menyalonkan diri kecuali dicalonkan.

“Yang perlu digarisbawahi, ini keinginan partai bukan saya, jadi saya gak kepengin nyaleg sebenarnya. Jadi saya pengin punya record gak mau menyalonkan selain dicalonkan,” imbuhnya.

Meski ia mengaku tak berniat nyalon, tapi akan tetap bertanggungjawab berkampanye dan sukses jadi anggota legislatif DPR RI.

“Sejarah saya bersama Partai Gerindra, dimulai 2014 saya mendukung Prabowo-Hatta. Lalu 2015 saya dicalonkan oleh Pak Prabowo jadi calon Wali Kota Surabaya. Saya menolak. Ternyata yang dicalonkan Prabowo jadi semua, Ridwan Kamil, Ahok, sampai Anies Baswedan. Sebelumnya 2019 tapi saya gak bisa karena ada di Medaeng dan Cipinang. Tahun ini alhamdulillah saya ada di luar, saya ingin mengabarkan ke penggemar saya, saya ditugasi partai nyaleg di dapil Surabaya-Sidoarjo,” terangnya lagi.

Ahmad Dhani Prasetyo musikus Dewa 19 yang mengumumkan nyaleg DPR RI Dapil Jatim I, Sabtu (23/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net
Ahmad Dhani Prasetyo musikus Dewa 19 yang mengumumkan nyaleg DPR RI Dapil Jatim I, Sabtu (23/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Salah satu upayanya, akan gencar berkampanye dan tinggal di Surabaya hingga pemungutan suara 14 Februari 2024 mendatang.

“Saya akan ke Jakarta atau luar kota kalau ada show. Kalau gak ada show saya di Surabaya,” tandasnya.

Itu dilakukan untuk meningkatkan elektabilitasnya yang masih rendah dan kalah jauh dengan dua calon lain dari partainya Bambang Haryo Soekartono dan Rahmat Muhajirin.

“Menurut surveu yang dia punya, elektabilitas bagus jadi saya dinasehati lebih bekerja keras lagi. Bahwa survei saya kecil harus bekerja keras lagi. Saya ikuti apa kata beliau,” jelasnya.

Target perolehan suara, lanjut Dhani, ia menyasar generasi Z dan milenial yang jumlahnya mendominasi dibandingkan usia lain.

“Saya sasar kalangan anak muda, gen Z, millenial, yang masih belum menentukan. Beberapa teman-teman saya. Saya benar-benar menyasar kaum milenial, anak kelas tiga SMA yang punya hak pilih aja 65.000, belum fakultas tingkat satu, dua. Saya berharap 65.000 milih saya semua,” tandasnya.

Sementara merapatnya ia ke Gerindra, bagian dari tim Joko Widodo Presiden RI yang pernah ia kritisi sehingga menunjukkan sikap pro tidak lagi oposisi, Dhani menyebut bagian dari petugas partai.

“Saya itu petugas partai, dan Partai Gerindra itu satu komando, jadi saya menyatakan diri tegak lurus sama Pak Prabowo,” katanya.

Tapi, Dhani juga tak mengelak, hukum di Indonesia seperti industri yang diungkap Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), di mana hukum dibuat atau diberlakukan untuk mengambil keuntungan.

“Saya punya keahlian baru dibidang hukum. Bukan karena sekolah hukum tapi pernah masuk penjara, dan sebelum masuk penjara saya punya banyaj kasus hukum dan saya mengerti benar mekanisme dan konstruksi hukum. Seperti Prof Mahfud MD bilang, hukum Indonesia adalah industri. Mudah-mudahan dengan masuknya saya rencananya partai saya mengeplot saya masuk komisi tiga bidang hukum karena banyak mengalami masalah hukum dan pernah dihukum jadi ilmunya nyata,” paparnya.

Untuk menjalankan kampanye, lanjutnya, ia juga mengajak Dewa 19 yang terang-terangan akan mendukung Prabowo-Gibran dan Gerindra serta partai koalisinya.

“Dan kita terus terang 2024 ini dewa dengan vokalis Ello terang-terangan mendukunng Prabowo-Gibran, Gerindra, partai koalisi dengan kita. Kita tidak main dikoalisi lain. Dewa 19 ada dipihak Koalisi Indonesia Maju,” imbuhnya.

Meski Virza, yang juga vokalis Dewa 19 tak akan ikut bergabung dalam kampanye memenangkan Prabowo-Gibran dan Gerindra kali ini.

“Virza 2014 dukung Prabowo, tahun ini nggak mendukung. Jadi dia gak ikut kampanye bersama Dewa 19. Saya gak tahu kenapa. Tapi dia tidak mau berkampanye dengan Prabowo-Gibrab maupun Gerindra. Ya nggak musuhan bebas kita menghargai pilihan teman-teman kita. Ello senang banget akhirnya Jokowi-Prabowo bergabung,” bebernya.

Dalam konpers, Dhani juga sempat melontarkan ia punya pengetahuan agama yang luas.

“Ya NU ya FPI macam-macam saya ini. Saya ini satu-satunya manusia cium tangan Gus Dur dan Habib Rizieq. Dicintai NU dan FPI ya saking anehnya,” ujarnya sambil tertawa.

Terakhir, ia juga mengklaim, artis yang paling memahami Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya jamin di antara artis-artis Indonesia, yang paling NKRI saya. Yang lain kelihatan aja, gaya saja saya Pancasila ini. Ga ngerti apa-apa. Mungkin jangan-jangan, ketika saya masuk DPR RI jangan-jangan saya paling NKRI di antara politisi-politisi,” jelasnya lagi.

Menimpali Ahmad Dhani, Anwar Sadad Ketua DPD Gerindra Jatim juga meminta caleg dapil Jatim I itu membumihanguskan Jatim bersama bandnya, Dewa 19.

“Dapil Jatim I terlau kecil buat Mas Dhani jadi kita minta jangan hanya kampanye di Sidoarjo-Surabaya tapi di Jatim dengan kekuatan yang dimiliki Mas Dhani, kawan-kawan Dewa 19,” tegasnya. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs