Sabtu, 20 April 2024

Anies: Persatuan Hanya Bisa Dijaga dalam Suasana Keadilan dan Kesetaraan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Anies Baswedan bakal calon presiden usungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) saat memberi sambutan dalam Milad ke-21 PKS di Jakarta, pada Sabtu (20/5/2023). Foto: Tangkapan Layar

Anies Baswedan bakal calon presiden usungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) menyatakan bahwa persatuan Indonesia hanya bisa dijaga dalam suasana keadilan dan kesetaraan.

“Mari kita jaga perjalanan ke depan dengan menjaga persatuan, menjaga suasana kebersamaan, persatuan Indonesia. Tadi digaris bawahi, tidak mungkin bisa terjadi dalam ketimpangan, persatuan Indonesia hanya bisa dijaga dalam suasana keadilan dan kesetaraan,” ucapnya saat memberi sambutan dalam Milad ke-21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta, pada Sabtu (20/5/2023).

Oleh karena itu, ia berpesan agar keadilan dan kesetaraan tetap dijaga, karena selain dapat memastikan persatuan, juga dapat menghadirkan kesejahteraan di Indonesia.

“Momen kebangkitan, momen ulang tahun ini, harus kita jaga untuk berdikari, untuk bertekad memperjuangkan perubahan. Perubahan yang kita lakukan perjuangan yang lengkap, dimana ada hal yang diteruskan, ada hal dikoreksi, ada hal yang ditambahkan, dan ada hal yang belum berhasil yang harus dihentikan, itu adalah perubahan yang komprehensif,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa untuk mewujudkan harapan tersebut, kontestasi politik ke depan harus dijadikan sebagai ajang adu gagasan yang terbaik untuk bangsa.

“Kalau tantangannya adu lari pagi keliling Indonesia saya kalah, tapi kalau adu karya, rekam jejak, kita nyatakan siap,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan bahwa PKS sebagai partai umat yang merepresentasikan segmen terbesar dari pemeluk unsur agama, juga harus bisa menjadi pengayom dan mengambil porsi besar untuk perubahan bangsa Indonesia.

Karena menurutnya, ketika umat berubah maka bangsa Indonesia juga akan berubah, begitu juga jika umat maju, maka Indonesia juga akan ikut maju. Dan untuk upaya itu sendiri, ia mengajak untuk bersama-sama menyebarkan semangat perubahan.

“Perjalannya, PKS telah menjadi salah satu partai yang bisa dijadikan teladan dalam demokrasi. PKS konsisten bahwa berdemokrasi memiliki dua peran, ada masa berperan di dalam pemerintahan, dan ada masa berperan di luar pemerintahan, dan PKS membuktikan itu dengan konsisten, karena itu, ini bisa menjadi contoh,” Ujarnya.

Terkait dengan perubahan tersebut, kata Anies, telah ia lakukan bersama-sama dalam membawa perubahan di Jakarta. Dan ia bertekad, ke depan akan meneruskan perjuangan tersebut secara berkelanjutan.(ris/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs